7 Kota dengan Harga Secangkir Kopi Termahal di Dunia, Ada Jakarta Lho!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 18 Feb 2021 06:00 WIB
7 Kota dengan Harga Secangkir Kopi Termahal di Dunia, Ada Jakarta Lho! Foto: Getty Images/oonal

5. Paris

Kota dengan harga secangkir kopi termahal di dunia selanjutnya adalah Paris. Harganya USD 4.13 atau sekitar Rp 57.945. Di Paris, kopi banyak disuguhkan di kafe-kafe unik. Penikmat kopi bisa berbincang mengenai banyak hal di kafe, mulai dari soal politik sampai filosofi.

Pilihan kopi paling umum di Paris adalah café, berupa satu shot espresso. Orang Prancis sendiri kurang menyukai minuman kopi dengan banyak busa susu. Namun mereka menyukai café au lait atau café crème di sore hari.

4. Moscow

7 Kota dengan Harga Secangkir Kopi Termahal di Dunia, Ada Jakarta Lho!7 Kota dengan Harga Secangkir Kopi Termahal di Dunia, Ada Jakarta Lho! Foto: Getty Images/oonal

Kamu perlu merogoh kocek sekitar USD 4.31 (Rp 60.471) untuk menikmati secangkir kopi di Moscow, Rusia. Konsumsi kopi orang Rusia tergolong tinggi. Angkanya berkembang pesat dari tahun 2001 hingga 2011.

Orang Rusia menyukai kopi gaya Amerika, americano. Uniknya nama 'Americano' kerap diubah kafe di Rusia menjadi 'Russiano' setelah mantan perdana menteri Rusia, Dmitry Medvedev berseloroh mengenai hal ini.

Orang Rusia juga suka racikan kopi bernama Raf. Berupa satu shot espresso dengan paduan heavy cream dan gula pasir.

3. Shanghai

Siapa sangka Shanghai memiliki harga secangkir kopi yang terbilang mahal di dunia. Harganya USD 4.60 per cangkir atau sekitar Rp 64.540.

Industri kopi berkembang di China sekitar tahun 1980an. Saat itu pemerintah China sampai meminta bantuan pada World Bank dan United Nations Development Program. Pasalnya sebelumnya orang China lebih memilih minum teh ketimbang kopi.

Kini orang China, terutama anak muda, sudah terbiasa minum kopi. Apalagi setelah masuknya Starbucks ke negeri tirai bambu.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com