7 Kota dengan Harga Secangkir Kopi Termahal di Dunia, Ada Jakarta Lho!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 18 Feb 2021 06:00 WIB
7 Kota dengan Harga Secangkir Kopi Termahal di Dunia, Ada Jakarta Lho! Foto: Getty Images/oonal
Jakarta -

Jadi minuman populer, harga kopi bervariasi di tiap kota dunia. Berikut daftar 7 kota dengan harga secangkir kopi termahal di dunia.

Bagi banyak orang, kopi adalah minuman pembangkit energi yang perlu dikonsumsi setiap hari. Di Indonesia, harga kopi bervariasi tergantung biji kopi yang dipakai atau tempat membeli kopi tersebut.

Siapa sangka harga secangkir kopi di Jakarta disebut sebagai salah satu yang termahal di dunia. Hal ini terlihat dari daftar yang dikeluarkan GO Banking Rates (10/2). Pihaknya mengungkap daftar harga kopi di berbagai kota dunia.

Sebuah studi mengenai tingkat biaya hidup global dari UBS melihat data dari 77 kota di dunia. Terungkap bahwa harga kopi di berbagai negara sangat bervariasi. Bahkan di Amerika Serikat yang memang terdiri dari banyak kota.

Lantas negara mana saja yang memiliki harga secangkir kopi termahal di dunia? Berikut daftarnya seperti dikutip dari MSN (11/2):

7. Tel Aviv

Harga secangkir kopi di Tel Aviv, Israel rata-rata USD 4.09 atau sekitar Rp 57.384. Di sini kopi dikenal dengan sebutan 'kafeh'. Budaya minum kopi berkembang kuat di Israel sejak tahun 1950-an.

Saat itu Mordechai Shor memulai manufaktur mesin espresso Israel pertama bernama La Favorita. Racikan kopi di sini lebih mengarah pada gaya Eropa, khususnya Italia. Uniknya pengaruh Italia lebih kuat ketimbang Timur Tengah pada racikan kopi di Israel.

Hanya saja kamu tidak bisa menemukan gerai kopi populer, Starbucks di Israel. Starbucks pernah ada, namun hanya bertahan pada tahun 2001 sampai 2003. Di sana ada gerai kopi Israel bernama Cofix yang menuai sukses besar.

6. Jakarta

7 Kota dengan Harga Secangkir Kopi Termahal di Dunia, Ada Jakarta Lho!7 Kota dengan Harga Secangkir Kopi Termahal di Dunia, Ada Jakarta Lho! Foto: Getty Images/oonal

Secangkir kopi di Jakarta disebut memiliki harga USD 4.10 atau sekitar Rp 57.525. Budaya minum kopi di sini dinilai baru berkembang pesat dalam beberapa tahun belakangan. Padahal Indonesia menjadi salah satu negara pengekspor kopi terbesar di dunia.

Jenis kopi Indonesia paling terkenal di dunia internasional adalah kopi luwak. Pemrosesan biji kopi yang unik membuat harga kopi luwak tergolong mahal. Mengenai Starbucks, Indonesia disebut memiliki sekitar 326 gerai kopi populer ini pada tahun 2018.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com