Netizen Bikin Panduan Mudah Racikan Cappuccino, Latte, hingga Americano

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 16 Feb 2021 17:00 WIB
Jenis kopi Foto: Getty Images/iStockphoto/Rawpixel
Jakarta -

Seorang netizen Twitter membagikan panduan mudah untuk mengenali cappuccino, latte, hingga americano. Begini perbedaan racikannya!

Kini semakin banyak orang yang gemar minum kopi. Ada yang membuat kopi sendiri dan ada pula yang membeli dari kafe atau kedai kopi langganan.

Di kafe, beberapa minuman kopi populer antara lain cappuccino, latte, americano, sampai affogato. Sayangnya belum banyak orang yang paham betul minuman kopi tersebut.

Kebanyakan mungkin hanya familiar dengan nama minumannya, tapi tidak tahu racikannya seperti apa. Karenanya netizen Twitter bernama Danny coba membuat panduan dasar soal beda minuman kopi populer.

Kepada detikfood (16/2), Danny bercerita dirinya adalah penikmat kopi. "Pernah kerja jadi barista juga selama setahun," sambungnya. Pada 14 Februari 2021, ia iseng mengunggah arsip foto lamanya dari Facebook.

Netizen Bikin Panduan Mudah Racikan Cappuccino, Latte, hingga AmericanoNetizen Bikin Panduan Mudah Racikan Cappuccino, Latte, hingga Americano Foto: Twitter Danny

"Kalau sumber foto itu aku ambil dari kenangan lama di Facebook. Lupa dulu banget soalnya, pas zaman masih kuliah tahun 2012," ujarnya.

Foto-foto itu memperlihatkan perbedaan racikan antar minuman kopi populer. Untuk affogato, misalnya, Danny menjelaskan minuman ini terdiri dari espresso dan es krim vanilla.

Lalu untuk americano/long black diracik dari espresso dan air. Beda lagi dengan cappuccino yang terdiri dari espresso, steamed milk, dan frothed milk.

Dikutip dari Otten Coffee (16/2), steamed milk merupakan sebutan untuk susu yang diproses menggunakan steam pada mesin espresso. Susu ini memiliki tekstur yang membantu barista dalam membuat latte art. Rasanya juga kuat.

Sementara frothed milk tercipta dari susu panas yang diaduk secara cepat. Bentuknya lebih seperti busa dengan lapisan bawahnya berupa lapisan susu.

Netizen Bikin Panduan Mudah Racikan Cappuccino, Latte, hingga AmericanoNetizen Bikin Panduan Mudah Racikan Cappuccino, Latte, hingga Americano Foto: Twitter Danny

Bagaimana dengan latte? Minuman kopi ini diracik dari espresso dan steamed milk. Lalu ada macchiato yang merupakan gabungan espresso dengan frothed milk.

Pencinta mocha perlu tahu kalau minumannya diracik dari espresso, steamed milk, dan cokelat. Lalu ada espresso romano yaitu paduan espresso dan lemon. Serta Turkish coffee yang menggabungkan espresso dengan ragam rempah.

Baca Juga: Konsumsi Kopi Tanpa Gula, Ini 9 Manfaatnya

Saat berita ini ditulis, cuitan Danny sudah mendapat lebih dari 122 ribu tanda suka dan di-retweet sampai 39 ribu kali.

Danny tak menyangka kalau cuitannya soal beda minuman kopi bakal viral. "Iseng aja itu tweet-ku.Ternyata respons orang-orang sangat antusias dengan kopi. Aku pun juga masih mempelajari lebih dalam tentang perkopian ini," ujarnya.

Netizen Bikin Panduan Mudah Racikan Cappuccino, Latte, hingga AmericanoNetizen Bikin Panduan Mudah Racikan Cappuccino, Latte, hingga Americano Foto: Twitter Danny

Uniknya di utas Danny, banyak pencinta kopi juga membagikan pengetahuannya. Misalnya @vectoreza yang memuat perbedaan flat white, latte, piccolo, dan macchiato.

"Flat white, latte tanpa foam. Latte ada foam tapi ga se-foamy cappuccino. Picollo, latte tapi susunya sedikit biasanya gelas kecil 100ml. Macchiato, foam susu dituang espresso di atasnya. Single atau double," kicaunya.

Lalu banyak juga netizen yang bercerita kalau sering kali orang-orang ke kedai kopi, tapi sebenarnya tak paham minuman yang mereka pesan.

Salah satunya @sekaraynngtys yang berujar, "Soalnya banyak bgt yg pesen espresso tp ga tau espresso itu apa dan akhirnya kaget karena dapatnya sedikit pahit pula. Malah kasian jadinya. Kalo saya biasanya saya offer "gak americano aja kak?". Kalo dia blg espresso aja, berarti fix orangnya paham."

Baca Juga: Pencinta Kopi, Ini Bedanya Cappuccino Basah dan Kering

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com