Viral! TikToker Ini Bikin Emoji Makanan Jadi Hidangan Sungguhan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 16 Feb 2021 13:30 WIB
Viral! TikToker Ini Bikin Emoji Makanan Jadi Hidangan Sungguhan Foto: TikTok Ash Baber/emojipedia
Jakarta -

Emoji makanan bikin ngiler karena tampilannya menyerupai makanan asli. Nah, bagaimana ya jika emoji makanan benar-benar diwujudkan sebagai hidangan?

Banyak sosok kreatif viral di TikTok berkat kontennya yang menarik. Salah satunya pria berusia 20 tahun bernama Ash Baber.

Namanya mulai dikenal saat masa lockdown akibat pandemi Covid-19 tahun lalu. Baber rutin mengunggah video baking di TikTok yang bikin banyak orang kagum.

Dikutip dari Insider (16/2), kini mahasiswa di Manchester, Inggris ini datang dengan ide mewujudkan emoji makanan menjadi hidangan nyata. Pertama, Baber membuat emoji kue ulang tahun.

Viral! TikToker Ini Bikin Emoji Makanan Jadi Hidangan SungguhanViral! TikToker Ini Bikin Emoji Makanan Jadi Hidangan Sungguhan Foto: TikTok Ash Baber/emojipedia

Baber memulai proses kreatifnya dengan melihat emoji makanan secara detail. Ia bahkan memperbesar gambar emoji dari ponselnya agar semua elemennya terlihat.

Misalnya saat membuat emoji kue ulang tahun. Baber bukan memakai lilin ulang tahun, melainkan lilin biasa yang ukurannya lebih besar.

Ia lalu mulai berkreasi dengan emoji makanan lainnya. Mulai dari donat, cupcake, hingga croissant.

Pada donat, ia membuatnya dengan lapisan cokelat dan taburan sprinkles warna-warni. Lalu untuk cupcake, Baber menggunakan krim berwarna putih dan taburan serupa donat.

Viral! TikToker Ini Bikin Emoji Makanan Jadi Hidangan SungguhanViral! TikToker Ini Bikin Emoji Makanan Jadi Hidangan Sungguhan Foto: TikTok Ash Baber/emojipedia

Kreasinya juga mencakup pancake yang menampilkan susunan pancake dengan mentega dan lelehan sirup maple di atasnya. Ditambah dango warna pink, putih, dan hijau yang menarik selera.

Baca Juga: 8 Emoji Bertema Makanan Akan Hadir di Tahun Ini

"Saya tidak pernah berpikir akan menghabiskan banyak waktu untuk melihat emoji seperti ini, tapi saya akan mengatakan tujuan saya adalah membuatnya jadi sungguhan," kata Baber.

Baber menambahkan, walaupun emoji makanan tergolong gambar kartun, tapi ia bisa membuatnya persis hidangan asli. Ia bereksperimen mencari resep di YouTube dan TikTok hingga mendapat formula yang pas.

Sebelumnya, Baber sudah mengantongi pengetahuan dasar membuat kue. Ia pernah mengambil les di sebuah bakery selama dua tahun.

Viral! TikToker Ini Bikin Emoji Makanan Jadi Hidangan SungguhanViral! TikToker Ini Bikin Emoji Makanan Jadi Hidangan Sungguhan Foto: TikTok Ash Baber/emojipedia

Hanya saja Baber tak menyarankan orang-orang mencontoh dirinya saat ingin belajar membuat kue. Menurutnya ia bukan sosok pastry chef yang fokus pada konten tutorial membuat kue.

"Saya belum pernah membuat resep-resep kue sebelumnya. Ini benar-benar saya yang pertama kali mencoba membuatnya (resep emoji makanan). Saya hanya mencari tahu, saya tidak benar-benar tahu apa yang saya lakukan," jelasnya.

Baber kini punya lebih dari 782 ribu followers di TikTok. Ia menyarankan orang lain yang mau membuat hidangan bentuk emoji makanan untuk melakukan riset dulu sebelum memulai. "Zoom in sebisa mungkin (gambar emoji)," tutupnya.

Baca Juga: 7 Emoji Makanan Ini Jadi Simbol Seks, Apa Artinya?

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com