8 Emoji Bertema Makanan Akan Hadir di Tahun Ini

Dewi Anggraini - detikFood Jumat, 08 Feb 2019 08:36 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Penggunaan emoji dalam pesan singkat di ponsel pintar memang memudahkan proses penyampaian pesan. Tahun ini, akan ada 8 emoji makanan baru.

Usai menyeleksi tumpukan petisi terkait usulan emoji baru, Unicode Consortium kabarnya akan segera mengeluarkan sebanyak 230 emoji baru. Delapan di antaranya berhubungan dengan makanan.

8 Emoji Bertema Makanan Akan Hadir di Tahun IniFoto: Istimewa
Emoji baru itu rencananya akan hadir pada bulan September atau Oktober mendatang. Seperti dilaporkan Food & Wine (5/1), akan ada emoji berbentuk bawang bombay, wafel, falafel, mentega, tiram, jus kemasan, teh maté, dan bawang putih.

Baca juga: Wouw! Ada 18 Emoji Makanan Baru untuk Ponsel Pintar

Emoji baru itu melengkapi ratusan emoji makanan yang sudah ada. Seperti emoji sandwich, beef steak, brokoli, croissant, dim sum, baguette hingga fortune cookies.

Pada tahun 2017 lalu saja, perusahaan pembuat emoji itu sudah memiliki sebanyak 1.851 emoji. Sebanyak 62 diantaranya berhubungan dengan makanan.

8 Emoji Bertema Makanan Akan Hadir di Tahun IniFoto: Istimewa
Namun sayangnya tak ada emoji kacang almond di dalam delapan emoji makanan baru itu. Padahal beberapa waktu lalu, Dewan Almond California membuat petisi soal emoji almond.

Berikut penggalan isi petisi itu, "Tren emoji ada di sini dan tetap di sini. Mengapa pencinta alpukat dan taco mendapatkan emoji (makanan kesukaan) mereka sendiri tetapi pencinta almond tidak? Tanda tangani petisi di bawah ini untuk menunjukkan dukungan untuk #AlmondEmoji."

Padahal pencinta kacang almond sudah ada sejak lama. Jauh dibandingkan pencinta alpukat yang baru tren beberapa tahun belakangan. Emoji alpukat sendiri terbilang baru lantaran baru dibuat setelah pencinta alpukat menginginkan adanya emoji buah kesukaan mereka.

8 Emoji Bertema Makanan Akan Hadir di Tahun IniFoto: dok. Emojipedia
Selain emoji bentuk makanan, akan ada beberapa emoji baru lainnya yakni emoji flamingo, sloth, anjing pelihara, wajah menguap, planet, kain sari, kuil Hindu, lengan dan kaki mekanik, pria dan wanita mengenakan kursi roda, dan telinga dengan alat bantu dengar.

Hal itu sesuai dengan pernyataan Unicode Condortium bahwa tahun 2019, pihaknya akan memberikan banyak emoji yang mewakili penyandang disabilitas.

Baca juga: Google Hilangkan Telur Rebus dalam Emoji Salad, Kenapa Ya? (dwa/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com