5 Kuliner Enak Fukushima, Prefektur Jepang yang Dilanda Gempa Hebat

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 15 Feb 2021 11:30 WIB
5 Kuliner Enak Fukushima, Prefektur Jepang yang Dilanda Gempa Hebat Foto: Getty Images/4kodiak
Jakarta -

Fukushima, Jepang dilanda gempa hebat berkekuatan magnitudo (M) 7,3 pada Sabtu (13/2). Prefektur di pulau Honshu ini menyimpan banyak kekayaan kuliner yang lezat.

Gempa hebat diketahui bersumber di kedalaman 60 kilometer pantai Fukushima, bagian timur Jepang. Gempa terjadi pukul 23.08 waktu setempat.

Dampak gempa berkekuatan M 7,3 itu cukup dahsyat, meski disebut Badan Meteorologi Jepang tak berpotensi menimbulkan tsunami. Hanya saja terdapat ratusan korban luka.

Baca Juga: 4 Fakta Gempa Fukushima Jepang Lukai Puluhan Orang

Fukushima sendiri terkenal sebagai salah satu prefektur terluas di Jepang. Ada banyak makanan lokal nan unik di sana. Kebanyakan dibuat menggunakan bahan-bahan segar musiman.

Sebut saja ramen yang terdiri dari dua jenis. Ada ramen Kitakata dan Shirakawa yang layak dicicipi. Ramen ini diracik dengan kaldu berbumbu kecap asin. Pendampingnya adalah olahan daging babi.

Lalu ada juga makanan unik dari Fukushima berupa makanan serba jumbo dari kota Iwaki. Makanan ini tak hanya bisa dinikmati seperti biasa, tapi juga dijadikan tantangan makan.

Berikut 5 kuliner enak Fukushima yang layak dicicipi, menurut Fukushima Travel (15/2):

1. Negi-Soba

5 Kuliner Enak Fukushima, Prefektur Jepang yang Dilanda Gempa Hebat5 Kuliner Enak Fukushima, Prefektur Jepang yang Dilanda Gempa Hebat Foto: Getty Images/4kodiak

Jepang terkenal dengan sajian mie seperti ramen, udon, dan soba. Di Fukushima, ada Negi-Soba atau Takato soba yang populer dari wilayah Aizu. Makanan ini konon sudah ada sejak zaman dulu. Berawal dari Pangeran Masayuki Hoshina yang kembali ke Aizu dari prefektur Nagano.

Saat itu ia membawa pelayan dari Takato, Nagano. Pelayan itu menyuguhkannya soba dengan parutan lobak segar dan daun bawang. Dari sinilah menu Takato Soba terkenal ke seluruh penjuru Fukushima

Untuk membuat soba, warga Fukushima akan memanfaatkan buckwheat yang dipanen pada bulan Oktober dan November. Karenanya menu ini paling enak dicicipi saat musim gugur.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com