Begini Cara Membersihkan Bubuk Putih pada Kulit Anggur

Riska Fitria - detikFood Selasa, 16 Feb 2021 10:00 WIB
Begini Cara Membersihkan Bubuk Putih pada Kulit Anggur Foto: iStock
Jakarta -

Pernahkan kamu memperhatikan bubuk putih yang ada di kulit buah anggur? Sebelum dimakan, bubuk putih itu bisa dihilangkan dengan mudah.

Anggur merupakan kelompok buah berry. Bentuknya bulat-bulat kecil dan tumbuh bergerombol. Rasanya perpaduan antara manis dan asam. Selain itu, anggur juga memiliki banyak jenis.

Mulai dari jenis cotton candy, kyoho, moon drops, globe, sweet jubile dan masih banyak lagi. Nah, jika diperhatikan, semua jenis anggur selalu ada bubuk putih yang menempel di bagian kulitnya.

Baca Juga : Awet 6 Bulan, Begini Cara Simpan Buah Anggur ala Masyarakat Afghanistan

Ilustrasi buah anggurIlustrasi buah anggur Foto: Thinkstock

Banyak yang mengira bahwa bubuk putih tersebut adalah pestisida, tetapi faktanya bukan. Dilansir dari Consumer Reports, bubuk putih itu disebut 'bloom'. Bloom juga terdapat di jenis buah lain, seperti apel, pir, dan blueberry.

Bubuk putih atau bloom mengandung senyawa oleanolic acid yang terbentuk secara alami. Bentuknya menyerupai wax atau lilin. Bloom berfungsi untuk melindungi buah anggur dari gangguan hama dan bakteri.

Senyawa oleanolic acid yang berperan untuk menjaga kelembaban buah anggur agar tetap terjaga sehingga terlihat segar. Saat ingin menyimpan buah anggur, sebaiknya jangan dicuci terlebih dahulu.

Bubuk putih itu nantinya akan berperan menjaga buah anggur agar tidak busuk. Bloom itu sebenarnya tidak berbahaya untuk dikonsumsi. Namun, akan lebih baik dicuci untuk membersihkan dari segala kemungkinan bakteri.

Begini Cara Membersihkan Bubuk Putih pada Kulit AnggurBegini Cara Membersihkan Bubuk Putih pada Kulit Anggur Foto: iStock

Nah, seorang pengguna TikTok dengan akun @putry_kalim membagikan tips mencuci anggur. Caranya mudah, pertama cukup basahi anggur dengan air bersih. Lalu, taburi sedikit terigu dan gosok-gosok buah anggur secara perlahan.

Setelah itu, baru bilas menggunakan air sampai bersih. Dalam video tersebut, pengguna TikTok itu juga memperlihatkan penampilan buah anggur yang telah dicuci bersih. Buah anggurnya tampak bersih dan berkilau.

Selain menggunakan air dan tepung terigu, kamu juga bisa mencuci buah anggur menggunakan larutan air cuka. Caranya cukup disemprotkan larutan air dan cuka ke seluruh buah anggur. Baru setelah itu bilas menggunakan air bersih lalu tiriskan.

Baca Juga : Asyik! Bisa Panen Anggur Hijau dan Merah di Kampung Anggur Bantul



Simak Video "Mengintip Warung Angkringan Milik Dimas Seto"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com