Pelajar Jadi Tukang Kupas Melinjo Demi Biaya Sekolah, Upahnya Rp 5 Ribu!

Yenny Mustika Sari - detikFood Minggu, 14 Feb 2021 13:00 WIB
kisah pelajar jadi tukang kupas melinjo Foto: Instagram @kitabisacom
Jakarta -

Seorang pelajar SMA di Yogyakarta memiliki kisah yang menginspirasi. Ia rela bekerja sebagai tukang kupas melinjo demi memenuhi biaya sekolahnya.

Kisah menginspirasi kembali datang dari seorang pelajar SMA Indonesia. Walaupun masih mengenyam pendidikan, tapi banyak di antara mereka yang bekerja untuk memenuhi kebutuhan.

Seperti yang dilakukan seorang pelajar SMA di Yogyakarta. Adalah Atta yang setiap harinya bekerja sebagai pengupas melinjo.

Dilansir dari Instagram @kitabisacom (12/2), Atta mengaku kalau ia bekerja sebagai pengupas kulit melinjo demi bisa membayar biaya tunggakan sekolah. "Namanya Atta, kerja ngupas melinjo buat bayar tunggakan sekolahnya," tulis keterangan dalam video.

kisah pelajar jadi tukang kupas melinjokisah pelajar jadi tukang kupas melinjo Foto: Instagram @kitabisacom

Baca Juga: Kisah Bocah SD Jualan Cilok Demi Beli Kuota Internet untuk Belajar Online

Pekerjaan yang dilakukan Atta ini tidak memiliki upah yang tinggi. Upahnya hanya sebesar Rp 1.000 per kilogramnya.

"Kalau ngebut dan gak ada gangguan, satu jam bisa ngupas 2,5 kg kulit melinjo dan dapet Rp 2.500. Lumayan buat tambah-tambah uang sekolah," ujar Atta.

kisah pelajar jadi tukang kupas melinjokisah pelajar jadi tukang kupas melinjo Foto: Instagram @kitabisacom

Dalam sehari, Atta bisa mengupas kulit melinjo hingga 5 kilogram. Jadi, ia mendapatkan upah harian Rp 5.000 dari mengupas kulit melinjo.

Walaupun tak banyak, tetapi Atta selalu bersyukur dengan apa yang ia dapatkan. Karena, bisa membantu meringankan beban orang tua dalam membayar biaya sekolahnya.

"Atta bekerja dengan ikhlas karena benar-benar tidak ingin putus sekolah dan merepotkan orangtuanya," tulis keterangan unggahan video Instagram @kitabisacom.

Atta saat ini masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA) kelas satu. Ia bekerja sebagai pengupas kulit melinjo setelah selesai sekolah.

kisah pelajar jadi tukang kupas melinjokisah pelajar jadi tukang kupas melinjo Foto: Instagram @kitabisacom

Penghasilan orang tuanya tak seberapa. Ayahnya bekerja serabutan, sedangkan ibunya berjualan kue dan menitipkannya di warung sekitar rumah.

Sebelumnya ada juga kisah Hilal yang bekerja sebagai pembuat kulit lumpia demi pengobatan ibunya yang sakit-sakitan. Setiap harinya Hilal bekerja setelah selesai sekolah daring.

Hilal, Pembuat Kulit LumpiaHilal, Pembuat Kulit Lumpia Foto: Instagram @kitabisacom

Remaja berusia 13 tahun ini setiap bulannya mendapatkan upah sebanyak Rp 400.000. Uang itu ia gunakan untuk kebutuhan sehari-hari dan mengobati ibunya yang sakit jantung.

Baca Juga: Hilal, Remaja Pembuat Kulit Lumpia yang Berjuang Demi Pengobatan Ibunya



Simak Video "Maryati, Penambang Pasir yang Inspiratif dari Semarang"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com