Intip Momen Riza Patria Makan Nasi Kapau Bareng Anies Baswedan

Yenny Mustika Sari - detikFood Sabtu, 13 Feb 2021 12:36 WIB
riza patria makan nasi kapau bareng anies baswedan Foto: Twitter @BangAriza
Jakarta -

Wagub Jakarta Riza Patria pamer momen makan nasi Kapau bersama Anies Baswedan di kawasan Kramat, Senen. Riza juga mempertanyakan apa bedanya nasi kapau dan nasi Padang.

Lewat akun Twitter pribadinya @BangAriza, Wakil Gubernur Jakarta Ahmad Riza Patria memamerkan momen makan malam dengan menu nasi Kapau yang ia santap bersama Gubernur Jakarta Anies Baswedan.

riza patria makan nasi kapau bareng anies baswedanriza patria makan nasi kapau bareng anies baswedan Foto: Twitter @BangAriza

"1/ Apa bedanya Nasi Kapau dengan Nasi Padang?. Semalam (10/2) bersama Pak Gub @aniesbaswedan kami makan nasi Kapau di daerah Kramat, Senen, Jakarta Pusat. Banyak pengakuan tentang kelezatan makanan di kawasan ini, saya setuju dgn berbagai testimoni tersebut, silahkan buktikan.." cuit Riza Patria di akun Twitter pribadinya (11/2).

Dalam momennya itu, terlihat Riza dan Anies mengunjungi salah satu warung nasi Kapau di kawasan Kramat, Senen, Jakarta Pusat. Di mana kawasan tersebut memang populer sebagai kawasan nasi kapau karena banyak berjejer warung yang menawarkannya.

Jika melihat foto yang diunggah oleh Riza, mereka makan di warung nasi Kapau bernama 'Nasi Kapau Iyo'. Keduanya tampak duduk di salah satu meja makan, namun tetap bersebrangan.

Riza Patria juga tak menjelaskan menu apa saja yang ia pesan. Hanya ada terlihat telur balado dan gulai cincang di piringnya.

riza patria makan nasi kapau bareng anies baswedanriza patria makan nasi kapau bareng anies baswedan Foto: Twitter @BangAriza

Sedangkan, Anies Baswedan tampak menikmati udang balado. Makan malam nasi Kapau itu dilengkapi dengan minum jeruk hangat.

Baca Juga: 5 Rumah Makan Nasi Kapau Enak di Sekitar Jakarta, Mampir Yuk!

Dalam cuitannya itu, Riza Patria sempat mempertanyakan soal perbedaan nasi Kapau dan nasi Padang. Apa saja yang membedakan kedua hidangan itu?

Sekilas memang tak terlihat perbedaan antara nasi Kapau dan nasi Padang ketika disajikan. Tetapi, kedua hidangan ini memiliki ciri berbeda walaupun sama-sama berasal dari tanah Minang.

Berikut 4 perbedaaan nasi Kapau dan nasi Padang:

1. Asal-muasal

Walaupun sama-sama berasal dari Minang, tapi tempat asal keduanya berbeda. Seperti namanya, nasi Padang merujuk pada hidangan nasi rames yang banyak ditemui di kota Padang, Sumatera Barat.

Sedangkan nasi Kapau berasal dari kabupaten Agam yang merupakan pusat perdagangan di Bukittinggi, Sumatera Barat. Ada satu kawasan yang jadi pusat warung nasi Kapau, tepatnya berada di Los Lambuang yang letaknya di Pasar Atas Bukittinggi.

2. Penataan Lauk

Ini 5 Restoran Nasi Kapau Modern di Jakarta hingga Bogornasi kapau Foto: detikfood

Tempat penataan lauk antara nasi Kapau dan nasi Padang juga memiliki perbedaan. Kalau lauk nasi Padang ditata bersusun ke atas pada etalase kaca.

Sedangkan, lauk nasi Kapau ditata bersusun ke bawah pada meja yang berundak-undak. Jenis lauk kering diletakkan pada bagian belakang, sedangkan sayur berada di paling bawah.

Wadah untuk lauk-lauk nasi Kapau ini juga biasanya diletakkan pada baskom, nampan, atau wajan tanah liat. Sedangkan nasi Padang diletakkan pada piring dan baskom untuk sayuran.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Wagub DKI: Sejak Saya 4 Tahun, Baru Tahu Ada Tunawisma Sudirman-Thamrin"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com