Wouw! Pemilik Rumah Ini Temukan Resep Pasta Tahun 1947 di Garasinya

Diah Afrilian - detikFood Sabtu, 13 Feb 2021 13:00 WIB
Pemilik Rumah Ini Temukan Resep Pasta Tahun 1947 di Garasinya Foto: Today
Jakarta -

Saat membeli rumah hal yang biasa jika sang pemilik meninggalkan beberapa barang untuk pemilik rumah yang baru. Tetapi kali ini sebuah resep pasta tahun 1947.

Membeli rumah siap huni bisa jadi salah satu cara yang efektif. Selain bisa mendapatkan penjelasan soal keadaan rumah, harga yang lebih murah atau biasanya beberapa pemilik lama juga memberikan beberapa barang yang mungkin tidak ingin dibawanya.

Tetapi bagaimana jika ternyata di dalam rumah itu ada sesuatu yang lebih asing dibanding sebuah barang yang ditinggalkan pemilik lamanya? Seperti sebuah resep misalnya.

Pemilik Rumah Ini Temukan Resep Pasta Tahun 1947 di GarasinyaPemilik Rumah Ini Temukan Resep Pasta Tahun 1947 di Garasinya Foto: Today

Di Denver, Colorado seorang pria dikejutkan dengan penemuan sebuah resep di garasinya. Menurutnya ia menemukan resep tersebut secara tidak sengaja saat menarik beberapa papan tua.

Dilansir melalui Today (11/2), David yang merupakan seorang ilmuwan laboratorium medis membagikan penemuannya tersebut melalui akun Reddit pribadinya. Pria dengan nama akun orestes77 itu membagikan foto sebuah resep yang ia temukan tersimpan dalam amplop yang diselipkan di belakang dinding garasinya.

"Dari tempat itu disimpan dan bagaimana itu dituliskan, aku sangat yakin itu sengaja ditinggalkan untuk pemilik rumah di masa depan suatu hari nanti," kata David.

Foto yang dibagikan melalui akun pribadi Reddit David tersebut disambut baik oleh para penggemar resep vintage di Reddit. Mereka kagum dengan daftar bahan-bahan yang mencakup seperti 4,4 kilogram bawang bombay cincang, 2,3 kilogram daging sapi dan 64 gram garam.

"Ini menarik karena untuk membuat segitu banyaknya. Apa ini untuk restoran?" kata David.

Lebih menarik lagi, resep pasta yang ditulis pada tahun 1947 tersebut dilengkapi dengan arahan khusus kemana pasar yang direkomendasikan oleh sang pemilik resep. Bahkan sebuah nomor telepon juga dituliskan dengan catatan "jika ada sesuatu yang tidak kamu mengerti."

David membenarkan bahwa rumahnya dibangun pada 1947. Meskipun begitu, ia tidak yakin dengan persis kapan garasinya dibangun.

David berusaha mencari siapa pemilik resep tersebut. Mulai dari mencari keterangan pemilik rumah yang lama melalui internet, menyambangi pasar yang direkomendasikan hingga mencari keturunan penulis resep melalui situs pelacak keluarga.

Kebutuhan bahan yang terlalu banyak, membuat David belum pernah mencoba resep tersebut. Ketika dibantu untuk mengurangi takaran resep oleh pengguna Reddit lainnya, David terkejut dengan hasil resep yang ia buat.

Menurutnya, secara keseluruhan rasanya mirip dengan resep saus spaghetti yang ia sering masak di masa lalu. Tomat, bawang, daging sapi giling, garam, oregano dan bahan saus tomat serta bumbu dasar lainnya yang membawanya mengingat masa lalu.

Pemilik Rumah Ini Temukan Resep Pasta Tahun 1947 di GarasinyaPemilik Rumah Ini Temukan Resep Pasta Tahun 1947 di Garasinya Foto: Today

Berdasarkan resep yang ditemukannya di garasi, David menyajikan saus spaghetti yang beraroma sedap dengan rasa yang cukup unik. Menurutnya ini disebabkan oleh garam, seledri serta perbandingan daging dengan saus.

Saus yang dibuat dengan petunjuk resep berusia 74 tahun itu mengingatkan dengan resep saus merah nona Sisilia yang ia gemari. David juga berencana untuk membuat saus spaghetti tersebut sebagai saus untuk membuat lasagna.

David mengaku bahwa selalu menyimpan sebuah stoples penuh saus yang ia lakukan untuk digunakan kembali. Ia juga merasa senang karena bisa berbagi tentang sejarah rumahnya dengan orang-orang di seluruh dunia melalui Reddit.

"Aku pikir orang-orang sangat menyukai resep tersebut karena ada banyak catatan personal tentang persiapan, seperti dimana mendapatkan saus tomat dan nomor telepon," kata David.



Simak Video "Bikin Laper: Kolaborasi Pasta dengan Buntut"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com