ADVERTISEMENT

Sajian Lezat Imlek

5 Mitos Makanan Imlek Ini Berkaitan dengan Monster dan Dewa

Sonia Basoni - detikFood
Rabu, 10 Feb 2021 19:30 WIB
5 Mitos Makanan Imlek Ini Berkaitan dengan Monster dan Dewa
Foto: iStock/ CNY Net/Site


3. Manisan untuk Sogokan

5 Mitos Makanan Imlek Ini Berkaitan dengan Monster dan Dewa5 Mitos Makanan Imlek Ini Berkaitan dengan Monster dan Dewa Foto: iStock/ CNY Net/Site

Zao Jun merupakan dewa yang dipercaya menangani makanan orang-orang di bumi. Ia merupakan dewa yang paling sering berinteraksi dengan manusia.

Dewa Zao Jun sendiri punya hubungan yang erat dengan tradisi makanan manis, atau manisan sejenis permen yang selalu ada saat perayaan Imlek.

Dikisahkan bahwa sebelum Imlek tiba, Zao Jun kembali ke surga. Ia akan melaporkan nilai setiap keluarga selama setahun ke Kaisar Jade.

Setelahnya Zao Jun akan kembali ke bumi untuk membawa keberkahan bagi keluarga yang baik. Serta hukuman bagi keluarga yang memiliki nilai buruk.

Untuk itu banyak orang-orang yang mulai meletakan permen serta manisan di depan pintu rumah mereka. Tujuannya untuk menyogok Dewa Zao Jun dengan makanan manis, sehingga nantinya Zao Jun hanya akan melaporkan hal yang baik kepada Kaisar Jade di surga.

Ada juga mitos yang menyebutkan bahwa permen dan manisan ini digunakan untuk membuat mulut Dewa Zao Jun tertutup rapat. Sehingga ia tidak bisa melaporkan apa-apa ke surga.



Simak Video "Penjualan Dodol Keranjang Alami Peningkatan di Tahun 2022"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT