Ibu-ibu 'Kolombus' Bikin Resah, Begini Etiket Bungkus Makanan di Acara Hajatan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 10 Feb 2021 10:30 WIB
Ibu-ibu ‘Kolombus’ Bikin Resah, Begini Etiket Bungkus Makanan di Acara Hajatan Foto: Getty Images/Cn0ra
Jakarta -

Belum lama ini viral kisah ibu-ibu 'kolombus' yang membungkus banyak makanan hajatan. Sebenarnya bagaimana etiket makan di acara hajatan dan membungkus makanan?

Ibu-ibu 'kolombus' adalah sebutan untuk 'kelompok bungkus-bungkus' dimana mereka membungkus banyak makanan saat menghadiri acara pesta atau hajatan. Tak hanya satu atau dua makanan yang diambil, bisa-bisa mereka membungkus sepiring makanan sekaligus.

Demi melancarkan aksinya, ibu-ibu 'kolombus' biasanya sudah menyiapkan kantong plastik atau tas kosong untuk menampung makanan. Mereka seolah tidak malu dengan tamu lain saat memasukkan makanan ke dalam plastik atau tas.

Aksi ibu-ibu 'kolombus' viral dan jadi perbincangan khalayak setelah diceritakan netizen Facebook bernama Teja. Ia menyaksikan sendiri bagaimana ibu-ibu 'kolombus' ini beraksi di acara aqiqah anak tetangganya.

Ibu-ibu 'Kolombus' Bikin Resah, Beraksi Bungkus Banyak Makanan HajatanIbu-ibu 'Kolombus' Bikin Resah, Beraksi Bungkus Banyak Makanan Hajatan Foto: Instagram mak_inpoh/Facebook Teja

Baca Juga: Ibu-ibu 'Kolombus' Bikin Resah, Beraksi Bungkus Banyak Makanan Hajatan

Banyak orang menilai negatif aksi ibu-ibu 'kolombus' karena perbuatan mereka tak ubahnya menjarah makanan hajatan. Dikhawatirkan si pemilik acara akan kekurangan makanan dan tamu lain juga tidak bisa menikmati suguhan makanan.

Lantas bagaimana sebenarnya etiket makan di acara hajatan atau pesta lainnya? Berikut detikfood merangkum informasinya:

1. Tidak perlu mengambil semua makanan

Pemilik acara hajatan umumnya ingin menjamu tamu sebaik mungkin dengan menyediakan ragam pilihan makanan. Namun perlu kamu ingat, tidak semua makanan ini perlu kamu coba atau ambil.

Kamu boleh melihat-lihat dulu makanan apa saja yang disajikan, kemudian ambil makanan yang memang kamu suka dan akan kamu habiskan. Hindari mengambilnya terlalu banyak. Untuk kue, misalnya, bisa ambil 1-2 buah per jenis sehingga tidak mengurangi jatah untuk tamu lain.

2. Tidak berebut atau menyerobot tamu lain

Ibu-ibu 'Kolombus' Bikin Resah, Begini Etiket Bungkus Makanan di Acara HajatanIbu-ibu 'Kolombus' Bikin Resah, Begini Etiket Bungkus Makanan di Acara Hajatan Foto: Getty Images/Cn0ra

Saat pemilik acara hajatan mempersilakan tamu untuk makan, sering kali tamu langsung ramai-ramai 'menyerbu' makanan yang ada. Secara etika, hal ini dianggap kurang sopan.

Ada baiknya kamu tidak menjadi bagian tamu yang seperti itu. Hindari berebut atau bahkan menyerobot tamu lain saat hendak mengambil makanan. Selalu ingat untuk membudayakan antre atau bergiliran saat mengambil makanan.

Baca artikel di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com