Ibu-ibu 'Kolombus' Bikin Resah, Beraksi Bungkus Banyak Makanan Hajatan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 09 Feb 2021 14:30 WIB
Ibu-ibu kolumbus Foto: Getty Images/iStockphoto/Lutfi Hanafi
Jakarta -

Di media sosial viral kisah ibu-ibu 'kolombus' yang merupakan singkatan 'kelompok bungkus-bungkus'. Ibu-ibu ini dengan sigap membungkus banyak makanan yang disajikan dalam acara hajatan.

Di Indonesia, membungkus makanan dari acara hajatan atau pesta seperti sudah menjadi budaya. Bahkan biasanya pemilik acara menyediakan kantong plastik untuk tamunya yang mau membungkus makanan.

Idealnya praktik ini terjadi saat si pemilik acara memang mempersilakan makanannya dibungkus atau ketika makanan yang ada di acara itu masih sangat banyak. Para tamu yang hadir pun biasanya juga 'tahu diri' dengan membungkus makanan secukupnya.

Tapi ternyata ada saja ibu-ibu yang memilih membungkus makanan dalam jumlah sangat banyak, bahkan seperti 'merampok'. Hal ini terlihat dalam cerita netizen Facebook bernama Teza yang viral usai diunggah akun Instagram @mak_inpoh (8/2).

Awalnya Teza menghadiri acara aqiqah anak tetangganya. Acara itu digambarkan sederhana dengan tamu hanya keluarga dan tetangga dekat saja. Mereka mengadakan pengajian syukuran.

Ibu-ibu 'Kolombus' Bikin Resah, Beraksi Bungkus Banyak Makanan HajatanIbu-ibu 'Kolombus' Bikin Resah, Beraksi Bungkus Banyak Makanan Hajatan Foto: Instagram mak_inpoh/Facebook Teja

"Setelah acara pengajian selesai yang punya hajat menyajikan makanan kampung seperti wajik, bolu, dan lain-lain. Di saat kita sedang menikmati sajian dari yang punya hajat, ku lihat ada ibu-ibu pasukan kolombus alias ibu-ibu kelompok bungkus-bungkus," tulis Teza.

Teza mengatakan ada satu ibu yang terlihat niat membawa plastik minimarket. "Lalu bolu sepiring yang disajikan depan para tamu pun diambil sama dia, lalu diam-diam bolu itu raib seketika, OH NO... ternyata sepiring bolu itu sudah masuk kantong kresek," kata Teza.

Ibu-ibu kolombus di sebelahnya lantas beraksi. Ia membawa tas besar yang dipakai untuk membungkus wajik dan kue kacang. Teza menulis, "Awalnya dia pura-pura nyicip-nyicip sambil ngobrol sama ibu-ibu yang lainnya, tapi tangan satunya bergerilya memasukkan wajik dan kue kacang setoples ke dalam tas gedenya."

Baca artikel di halaman selanjutnya.

Baca Juga: Pakai Koran dan Kertas Ujian, 5 Bungkus Makanan Ini Bikin Salah Fokus

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com