Sajian Lezat Imlek

Ikan Bandeng Sajian Wajib Imlek, Ini Makna dan Cara Makannya

Devi Setya - detikFood Selasa, 09 Feb 2021 18:00 WIB
Ikan Bandeng Sajian Wajib Imlek, Ini Makna dan Cara Makannya Foto: Getty Images/iStockphoto/FamVeld
FOKUS BERITA Sajian Lezat Imlek

4. Olahan ikan bandeng

Dalam tradisi China, ikan bandeng kerap diolah dengan cara dikukus. Ikan bandeng utuh yang sudah dibersihkan akan ditaruh dalam wadah panjang dan besar. Kemudian diberikan aneka bumbu seperti kecap asin, irisan jahe, cabai dan daun bawang.

Kemudian ikan dikukus hingga matang. Setelah matang, ikan bisa langsung disajikan. Cara masak seperti ini menghasilkan ikan bandeng dengan rasa gurih alami dan bentuknya tetap utuh.

Ikan Bandeng Sajian Wajib Imlek, Ini Makna dan Cara MakannyaIkan Bandeng Sajian Wajib Imlek, Ini Makna dan Cara Makannya Foto: Getty Images/iStockphoto/FamVeld

5. Sering dijadikan makanan hantaran

Saking spesialnya ikan bandeng saat perayaan Imlek, hidangan ini juga keral jadi makanan hantaran. Sama halnya seperti tradisi ketika Lebaran atau Natal yang identik dengan saling antar makanan untuk keluarga, masyarakat China pun demikian.

Biasanya anggota keluarga yang lebih muda akan mengantarkan makanan untuk orang tua. Ikan bandeng salah satu makanan yang masuk dalam daftar makanan hantaran.

Ikan yang dijadikan hantaran makanan ini juga haruslah dalam keadaan utuh. Ikan bisa dikemas dengan cantik menggunakan wadah khusus dengan hiasan pita merah. Selain ikan, ada juga jeruk dan kue keranjang yang langganan jadi makanan hantaran saat Imlek.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Bikin Laper: Kuliner Ikan Bandeng Bumbu Pecak Tanpa Duri"
[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)
FOKUS BERITA Sajian Lezat Imlek
FOKUS BERITA Sajian Lezat Imlek

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com