Sajian Lezat Imlek

Ikan Bandeng Sajian Wajib Imlek, Ini Makna dan Cara Makannya

Devi Setya - detikFood Selasa, 09 Feb 2021 18:00 WIB
Ikan Bandeng Sajian Wajib Imlek, Ini Makna dan Cara Makannya Foto: Getty Images/iStockphoto/FamVeld
FOKUS BERITA Sajian Lezat Imlek

2. Disajikan utuh

Ikan bandeng haruslah disajikan dalam keadaan utuh mulai dari kepala hingga ekor. Cara penyajian ini juga mengandung makna agar rezeki yang didapat selalu mengalir utuh mulai awal tahun hingga akhir tahun.

Ikan pantang disajikan dalam keadaan terpotong-potong. Jadi orang China akan memilik ikan bandeng utuh ketika berbelanja ke pasar.

Memotong ikan menjadi beberapa bagian dan menyajikannya ketika Imlek diartikan sebagai rezeki yang tidak utuh. Selain ikan bandeng, jenis ikan lain seperti ikan mas atau ikan lele juga selalu disajikan dalam keadaan utuh.

Ikan Bandeng Sajian Wajib Imlek, Ini Makna dan Cara MakannyaIkan Bandeng Sajian Wajib Imlek, Ini Makna dan Cara Makannya Foto: Getty Images/iStockphoto/FamVeld

3. Cara menyantap ikan bandeng

Makanan saat perayaan Imlek dianggap begitu spesial, bahkan cara menyantapnya saja diatur sedemikian rupa dengan makna mendalam. Ketika menyajikan ikan bandeng, bagian kepala harus menghadap orang yang dituakan atau dihormati.

Saat jamuan makan dimulai, orang pertama yang boleh mengambil ikan ini yakni orang yang dituakan. Baru kemudian anggota keluarga lainnya boleh ikut mengambil daging ikan bandeng. Daging ikan harus disantap perlahan.

Setelah daging pada satu sisi ikan habis, maka ikan tidak boleh dibalik. Untuk mengambil daging di sisi lainnya yakni dengan cara mengangkat bagian duri di tengah ikan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Kuliner Ikan Bandeng Bumbu Pecak Tanpa Duri"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Sajian Lezat Imlek
FOKUS BERITA Sajian Lezat Imlek

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com