Sajian Lezat Imlek

Ikan Bandeng Sajian Wajib Imlek, Ini Makna dan Cara Makannya

Devi Setya - detikFood Selasa, 09 Feb 2021 18:00 WIB
Ikan Bandeng Sajian Wajib Imlek, Ini Makna dan Cara Makannya Foto: Getty Images/iStockphoto/FamVeld
FOKUS BERITA Sajian Lezat Imlek
Jakarta -

Sama halnya seperti jeruk dan kue keranjang, menyajikan ikan bandeng saat Imlek juga jadi hal yang wajib. Ikan ini dianggap memiliki makna keberuntungan.

Masyarakat China percaya bahwa beberapa makanan memiliki filosofi khusus. Jadi tak heran saat perayaan hari spesial seperti Imlek, ada deretan makanan yang harus disajikan dan makanan yang pantang disajikan.

Salah satu makanan yang wajib ada ketika merayakan Tahun Baru China ini adalah ikan bandeng. Meskipun berduri banyak, ikan bandeng ternyata memiliki makna yang baik.

Jelang Imlek, warga China akan memborong ikan bandeng sebagai satu sajian spesial. Ikan pun dipilih yang berkualitas terbaik, berbadan besar serta segar. Nantinya, hidangan ikan ini disantap bersama keluarga ataupun dijadikan hantaran makanan untuk orang yang dituakan.

Apa makna ikan bandeng pada momen Imlek dan bagaimana cara mengolah, menyajikan serta menyantapnya?

Berikut ulasan soal ikan bandeng saat Imlek, si gurih lembut yang membawa keberuntungan.

1. Filosofi ikan bandeng

Ikan Bandeng Sajian Wajib Imlek, Ini Makna dan Cara MakannyaIkan Bandeng Sajian Wajib Imlek, Ini Makna dan Cara Makannya Foto: Getty Images/iStockphoto/FamVeld

Secara alami, ikan bandeng memiliki duri yang banyak dan halus. Tetapi hal ini tidak menjadi alasan bagi warga China untuk menyantapnya. Meskipun berduri banyak tetapi ikan ini melambangkan keberuntungan dan sumber rezeki.

Dalam bahasa Mandarin, kata 'ikan' sama bunyinya dengan kata 'yu' yang berarti rezeki. Jadi dengan makan ikan saat Imlek, diharapkan bisa mendapat rezeki berlimpah sepanjang tahun.

Selain itu, duri ikan dengan julukan milk fish ini dianggap sebagai rintangan bagi manusia dalam menjalani hidup. Dibutuhkan kehati-hatian dan kesabaran untuk menyantap ikan bandeng, demikian juga dalam menjalani hidup. Meski demikian, ada akhirnya semua bisa menikmati hasil yang memuaskan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Kuliner Ikan Bandeng Bumbu Pecak Tanpa Duri"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Sajian Lezat Imlek
FOKUS BERITA Sajian Lezat Imlek

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com