Nyesek! Ribuan Ikan Nila Siap Panen Hanyut Terbawa Banjir

Riska Fitria - detikFood Selasa, 09 Feb 2021 16:00 WIB
Nyesek! Ribuan Ikan Nila Siap Panen Hanyut Terbawa Banjir Foto: TikTok @khoirunoct
Jakarta -

Kejadian nahas dialami oleh seorang pengguna TikTok. Sudah berniat untuk panen ikan nila, malah terkena musibah banjir yang menghanyutkan ribuan ikannya.

Belakangan ini beberapa daerah di Indonesia terkena musibah banjir. Kejadian tersebut disebabkan karena banyak faktor. Ada karena intensitas hujan yang tinggi, ada pula karena tanggul jebol.

Faktor itulah yang terjadi di kawasan rumah seorang pengguna TikTok dengan akun @khoirunoct. Lewat beberapa videonya, ia menceritakan kejadian nahas yang menimpa ia dan suaminya karena musibah banjir.

Baca Juga : Pakai Ember dan Terpal, 5 Orang Ini Berhasil Budidaya Ikan Lele

Nyesek! Ribuan Ikan Nila Siap Panen Hanyut Terbawa BanjirNyesek! Ribuan Ikan Nila Siap Panen Hanyut Terbawa Banjir Foto: TikTok @khoirunoct

Dalam salah satu videonya, ia bercerita bahwa ia dan suaminya mempunyai budidaya ikan yang ditempatkan di tambak. Jenis ikan yang dibudidaya adalah ikan nila. Mereka juga rutin memberi makan untuk ikan-ikannya.

Terlihat saat ia melemparkan makanan ke dalam tambak, ribuan ikan nila bermunculan dan saling berebut makanan. Ia mengatakan bahwa ikan nila tersebut akan dipanen di keesokan harinya.

Namun, takdir berkata lain. Saat ingin dipanen, tiba-tiba tanggul di dekat rumahnya jebol. Hal tersebut tentu membuat air tanggul menjadi meluap dan membanjiri kawasan rumah dan sekitarnya.

Nyesek! Ribuan Ikan Nila Siap Panen Hanyut Terbawa BanjirNyesek! Ribuan Ikan Nila Siap Panen Hanyut Terbawa Banjir Foto: TikTok @khoirunoct

"Kemarin masih happy karena niatnya hari ini panen ikan. Pagi hari pukul 07.00 tanggul jebol dan rumah kebanjiran," tulisnya dalam caption di video.

Banjir yang tak terduga tersebut juga menghanyutkan ikan-ikan nila miliknya yang sudah siap panen. Yang nyesek lagi, semalam sebelum banjir, ia telah menaruh bibit ikan nila dalam jumlah yang banyak.

Dalam video lainnya, ia juga memperlihatkan keadaan tambaknya yang tak terlihat karena dibanjiri air. Video tersebut lantas menjadi viral dan membuat netizen ikut nyesek. Berbagai dukungan pun datang dan memenuhi kolom komentar.

Nyesek! Ribuan Ikan Nila Siap Panen Hanyut Terbawa BanjirNyesek! Ribuan Ikan Nila Siap Panen Hanyut Terbawa Banjir Foto: TikTok @khoirunoct

"Semoga ikan yang hanyut jadi manfaat buat yang dapet. Semoga mbaknya dan suami diganti rezeki yang berlipat," tulis salah satu netizen.

"Ya Allah lemes aku bayanginnya. Semoga kalian bersabar dan insya Allah segera diganti rezekinya," tulis netizen lainnya.

Padahal sebelumnya, ia dan suami telah menyiapkan kolam yang terbuat dari lapisan terpal. Hanya saja, kolam tersebut masih dalam renovasi. Jadi, mereka memutuskan untuk menampungnya di tambak.

"Sedang dalam renovasi. Niatnya mumpung ada hujan jadi isi air di tambak dulu. Tapi Masya Allah," tulisnya lagi.

Baca Juga : Saluran Irigasi Disulap Jadi Kolam Ikan, Warga Panen Ikan Tiap Hari



Simak Video "Inovasi Baru, Brownies Ikan Nila yang Manjakan Lidah"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com