Videografer Ini Bikin Video Cinematic Keren Untuk Usaha Kuliner

Devi Setya - detikFood Selasa, 09 Feb 2021 13:00 WIB
Tips foto makanan cantik di Instagram Foto: iStock
Jakarta -

Untuk membuat video cinematic diperlukan biaya yang tak murah, tapi seorang videografer justru membuat video gratis bagi bisnis kuliner kecil. Meski gratis, hasilnya keren.

Saat ini media sosial sangat bisa diandalkan sebagai sarana promosi, termasuk promosi produk makanan. Tampilan foto atau video makanan yang keren mampu menarik minat pelanggan untuk membeli makanan yang dijual.

Tapi sayangnya, untuk menghasilkan foto dan video keren ini kadang membutuhkan gadget canggih dan sentuhan tangan para ahli. Jasa foto dan videografer tidaklah murah, untuk para pengusaha kuliner skala kecil pastilah berpikir ulang untuk mengambil langkah ini.

Videografer Ini Bikin Video Cinematic Keren Untuk Usaha KulinerVideografer Ini Bikin Video Cinematic Keren Untuk Usaha Kuliner Foto: tiktok @jakeyboy

Tapi seorang videografer justru menawarkan jasa pembuatan video promosi kuliner secara gratis. Pria yang akrab disapa Jake ini mendatangi banyak usaha kuliner kecil untuk menawarkan jasanya.

Lewat akun tiktoknya @jakeyboy, ia merekam setiap detail dari proses pembuatan makanan. Berbagai video makanan pernah ia buat mulai dari pizza, pretzel hingga kedai es krim. Prosesnya tampak sederhana tapi hasilnya luar biasa menakjubkan.

Sebelum mengambil gambar, Jake lebih dulu meminta izin pada pelayan atau pemilik usaha kuliner. Jika sudah diperbolehkan, ia langsung mengarahkan kamera ke makanan yang sedang diracik.

Proses pengolahan mulai dari memotong bahan makanan, memasak hingga membungkus semuanya direkam dengan gerakan keren. Jake akan membantu mengarahkan gaya saat proses pengolahan makanan ini.

Hasil pengambilan gambar ini kemudian diedit sendiri oleh Jake menjadi video pendek yang cinematic, sekilas mirip seperti iklan televisi. Jake sudah lama melakukan aksi ini, terutama ketika pandemi corona melanda. Banyak penjual makanan yang mengalami penurunan omset, cara promosi lewat video ini diharapkan bisa jadi iklan.

Video-video yang diunggah Jake lewat akun tiktoknya juga berhasil menyita perhatian. Jutaan orang menyaksikan video garapan Jake sekaligus penasaran dengan rasa makanan yang ada dalam video.

"Keren banget, seperti sedang menonton iklan makanan di televisi," kata netizen.

"Pemilik usaha ini harus berterima kasih. Dia membuatkan video yang keren secara gratis," sahut netizen lain.

Videografer Ini Bikin Video Cinematic Keren Untuk Usaha KulinerVideografer Ini Bikin Video Cinematic Keren Untuk Usaha Kuliner Foto: tiktok @jakeyboy

Jake sendiri merupakan seorang videografer asal Los Angles. Ia terbiasa bekerja untuk membuat berbagai video secara komersial. Biaya pembuatan video ini tidaklah murah karena banyak persiapan yang harus dilakukan.

Jake mengaku senang, meskipun ia tak mendapatkan uang tapi setidaknya bisa menyalurkan hobi sekaligus membantu banyak orang. Sementara netizen yang melihat aksi ini berharap akan ada juga para videografer yang bekerja secara sosial layaknya Jake.



Simak Video "Mat Peci Si Penawar Es Tebu Harga Rp 500 Ribu yang Viral"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com