Kisah Makanan Saat Banjir, Ada yang Haru dan Bikin Senang

ADVERTISEMENT

Kisah Makanan Saat Banjir, Ada yang Haru dan Bikin Senang

Devi Setya - detikFood
Senin, 08 Feb 2021 11:00 WIB
Kisah Makanan Saat Banjir, Ada yang Haru dan Bikin Senang
Foto: tiktok/twitter
Jakarta -

Bencana banjir memang otomatis membuat aktivitas terhambat, termasuk urusan makan. Ada banyak pengalaman menarik seputar makanan dari orang-orang yang pernah dilanda bencana banjir.

Di musim penghujan biasanya di beberapa daerah menjadi titik langganan banjir. Jika curah hujannya tinggi dan berlangsung lama, maka banjir tak dapat terelakkan. Jalan raya, rumah dan berbagai fasilitas sosial pun ikut tergenang.

Mendapatkan makanan saat banjir melanda bukanlah hal yang mudah. Jika terjebak banjir di rumah dan tak punya stok makanan, mau tak mau harus menunggu bantuan sosial tiba. Atau solusi lainnya yakni mencari sumber makanan di warung, tapi hal ini juga tak mudah karena warung sekitar juga pasti tutup.

Semua aktivitas terhambat kala banjir melanda, termasuk soal urusan makanan. Alhasil, ada saja yang memanfaatkan ojek online untuk membeli makanan. Sang driver pun tak sedikit yang rela menerjang banjir demi mengantarkan makanan.

Banyak juga kisah mengharukan soal makanan yang terjadi saat banjir. Tapi ada juga yang justru berhasil meraup keuntungan dari jualan makanan ketika banjir.

Berikut beberapa kisah seputar makanan saat banjir.

1. Antar makanan saat banjir

Masih ingat sosok bernama Kevin yang rela menerabas banjir untuk mengantar makanan? Ya, awal tahun 2020 lalu ada pemuda bernama Kevin yang kisahnya viral setelah videonya beredar di media sosial.

Dalam video tampak Kevin berjalan di tengah banjir setinggi dada orang dewasa. Ia rela berbasah-basahan demi mengantarkan makanan untuk teman-temannya yang terjebak di kostan. Saat itu, Jakarta tengah di kepung banjir.

Sekantong makanan yang dibawa Kevin ini tidak lain adalah bantuan untuk teman-temannya yang kelaparan. Kevin merasa iba karena semua temannya adalah perempuan. Aksi heroik ini kemudian mengundang banyak pujian dari netizen.

2. Jualan gorengan saat banjir

Kisah Makanan Saat Banjir, Ada yang Haru dan Bikin SenangKisah Makanan Saat Banjir, Ada yang Haru dan Bikin Senang Foto: tiktok @rizkimasadepan

Meski rumah dan tempat usahanya terendam banjir, pria bernama Eka ini tak mau berdiam diri. Banjir yang setinggi lutut orang dewasa ini justru dijadikan lahan untuk meraup rejeki. Ia pun membuka warung gorengan dadakan.

Lewat akun tiktoknya @rizkimasadepan, ia menggelar meja seadanya yang kemudian digunakan untuk menaruh kompor dan alat masak lainnya. Ia dan keluarganya mulai berjualan gorengan. Tak disangka, ternyata usaha dadakan ini membuahkan hasil.

Gorengannya laris manis dibeli masyarakat sekitar yang tak lain juga merupakan korban banjir. Bakwan dan tahu goreng hangat pun jadi camilan sore di tengah banjir melanda.

3. Ojol antarkan makanan saat banjir

Kisah Makanan Saat Banjir, Ada yang Haru dan Bikin SenangKisah Makanan Saat Banjir, Ada yang Haru dan Bikin Senang Foto: tiktok/twitter

Banjir yang melanda kota Semarang baru-baru ini membuat banyak aktivitas lumpuh, termasuk stasiun Semarang Tawang yang ikut tergenang banjir. Sementara perumahan warga, ada juga yang ikut terendam.

Penghuni rumah yang tak punya stok makanan akhirnya memilih untuk memesan makanan lewat aplikasi ojol. Driver ojol pun membelikan makanan dan mengantarkannya ke alamat tujuan. Tampak video driver ojol yang setengah bagian tubuhnya terendam banjir.

Ia mengangkat bungkusan makanan dan juga handphonenya agar tak terkena percikan air banjir. Semangat dari driver ojol ini kemudian mendapat banyak pujian netizen.

4. Asyik makan saat banjir

Kisah Makanan Saat Banjir, Ada yang Haru dan Bikin SenangKisah Makanan Saat Banjir, Ada yang Haru dan Bikin Senang Foto: twitter @penol86


Urusan perut memang tak bisa ditunda. Meskipun sedang banjir, ada saja orang-orang yang tetap asyik makan. Tak peduli meskipun sebagian tubuhnya terendam banjir, yang penting perut kenyang.

Seperti yang dilakukan seorang bapak-bapak bertubuh gempal ini. Berlokasi di kawasan Gunung Putri, Jawa Barat, ia tampak asyik makan meskipun air banjir menggenang hingga dadanya. Foto ini diambil pada Januari 2020 saat banjir besar melanda banyak wilayah.

5. Dapur umum yang mengolah 12.000 porsi makanan setiap hari

Bencana banjir hebat yang melanda Madiun pada 2019 lalu membuat ribuan orang terpaksa harus mengungsi. Di pengungsian ini, ada relawan yang bertugas meracik makanan.

Dalam sehari, dapur umum harus mengolah hingga 12 ribu porsi makan yang akan dibagikan kepada para korban banjir. Sekitar 30 orang relawan bertugas memasak nasi, sayuran dan lauk yang nantinya akan dibagikan kepada para korban banjir.



Simak Video "34 Kelurahan di Jakarta Rawan Banjir!"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT