6 Cara Menyeduh Kopi Paling Enak di Rumah Menurut Barista

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 05 Feb 2021 06:00 WIB
Cara Menyeduh Kopi Foto: Getty Images/iStockphoto/Wachiwit

4. French Press/Plunger

Cara menyeduh kopi dengan menggunakan french press ini cocok bagi kamu yang ingin menyeduh kopi untuk beberapa cangkir dalam sehari. Ramirez bahkan merekomendasikan untuk menggunakan french press dengan merek jual Upphetta dan Bodum.

Ramirez merekomendasikan french press karena lebih mudah dan sederhana dibanding alat penyeduh kopi lainnya. French press tidak membutuhkan perlengkapan tambahan, hanya butuh air panas dan sedikit kesabaran.

"Sajikan dengan cepat untuk menghindari penyeduhan yang berlebihan walaupun plunger atau penekannya sudah berada di bawah," kata Milos.

5. Moka Pot

Cara Menyeduh KopiCara Menyeduh Kopi Foto: Getty Images/iStockphoto/Wachiwit

Moka pot bisa menjadi alat yang mudah dan sederhana untuk menyeduh kopi di rumah. Penggunaannya yang cukup mudah juga memungkinkan semua orang bisa menggunakan alat ini.

Penyeduh tradisional asal Italia ini menggunakan metode penyeduhan dengan membuat air panas mengeluarkan uap yang akan melewati kopi. Milos menyarankan untuk menggunakan biji kopi yang sudah digiling dengan ukuran yang paling halus agar air mudah melewati kopi.

"Buat kopi janga terlalu padat di bagian atas dan padatkan di bagian bawah," kata Milos.

6. Mesin Drip

Mesin drip atau drip machine sebenarnya tidak begitu disarankan untuk menyajikan kopi secara rutin di rumah. Terutama jika mesin pembuat kopi ini digunakan untuk menyajikan kopi saat pagi.

Tetapi, Milos membagikan tips untuk meningkatkan kualitas kopi yang dihasilkan dengan mesin pembuat kopi. Salah satunya dengan menjaga suhu agar kopi tidak gosong.

"Jika menggunakan teko kaca dengan piring panas di bagian bawahnya, pindahkan dari suhu panas setelah kopi selesai diseduh jadi kamu tidak membakar kopimu," kata Milos.

Baca Juga: 7 Cara Minum Kopi yang Benar, Cocok untuk Turunkan Berat Badan!

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com