6 Cara Menyeduh Kopi Paling Enak di Rumah Menurut Barista

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 05 Feb 2021 06:00 WIB
Cara Menyeduh Kopi Foto: Getty Images/iStockphoto/Wachiwit

2. Pour Over

Pour over sebenarnya memiliki banyak cara lagi sesuai dengan alat seduh yang digunakan. Ada chemex, V60, flat drip, kalita wave dan lainnya.

Menurut Milos, teknik penyeduhan pour over ini menjadi teknik kedua yang terbaik. Terutama jika menggunakan alat penyeduhan dan saringan Chemex.

"Menggunakan kertas saring adalah kunci karena kertas menyaring bubuk kopi yang hasilnya hampir sempurna dan saringan Chemex menjadi saringan yang lebih tebal dibanding saringan lain. Hasilnya akan lebih manis dan bersih," kata Milos.

Baca Juga: Amankah Minum Kopi Saat Perut Kosong? Begini Penjelasannya

3. Cold Brew

Cara Menyeduh KopiCara Menyeduh Kopi Foto: Getty Images/iStockphoto/Wachiwit

Jika kamu menyukai kopi dengan karakteristik dingin dan kafein yang kuat, cold brew menjadi cara menyeduh kopi yang tepat untukmu. Tetapi jika ingin menggunakan metode ini kamu harus memerhatikan penggunaan biji kopi saat penyeduhan.

Cold brew bahkan tidak memerlukan alat penyeduhan khusus. Cold brew bisa dibuat di rumah hanya dengan menggunakan toples atau wadah berukuran besar atau french press jika ada.

"Biji terbaik untuk cold brew berasal dari Amerika Tengah atau kopi Afrika untuk yang lebih ringan, sementara kopi Indonesia bisa jadi lebih tebal dan kuat," kata Breach.

Baca Juga: Cara Membuat Kopi Cold Brew di Rumah ala Coffee Shop

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com