Penjual Bakso Beranak dan Kerupuk Jengkol di Jepang Ini Jago Bahasa Jawa

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 04 Feb 2021 17:00 WIB
Penjual Bakso Beranak dan Kerupuk Jengkol di Jepang Ini Jago Bahasa Jawa Foto: TikTok @akulibra02
Jakarta -

Penjual bakso beranak dan kerupuk jengkol ini jualan di dalam mobil. Ternyata penjual ini berasal Jepang dan jago bahasa Jawa.

Tak hanya di Indonesia saja yang viral bule jualan mie ayam. Di Jepang juga banyak warga asli sana yang berjualan makanan Indonesia.

Seperti penjual bakso keliling di Jepang yang ditemui pengguna TikTok @akulibra02 (04/02). Pria asal Madiun ini, tinggal dan kerja di kota Matsuyama, Jepang.

Di salah satu videonya ia dan beberapa teman-temannya yang asal Indonesia, terlihat tengah jajan bakso dan gorengan di penjual makanan keliling di sana.

Penjual Bakso Beranak dan Kerupuk Jengkol di Jepang Ini Jago Bahasa JawaPenjual Bakso Beranak dan Kerupuk Jengkol di Jepang Ini Jago Bahasa Jawa Foto: TikTok @akulibra02

Tampak seorang penjual wanita asli Jepang tengah sibuk melayani pesanan bakso khas Indonesia milik teman-temannya.

"Ada yang jual bakso keliling check. Daerah Shikoku bisa merapat," tulis @akulibra02.

Meski berjualan di dalam mobil, tapi makanan khas Indonesia yang ditawarkan cukup lengkap. Mulai dari bakso beranak, bakso bertelur, ayam bakar, tempe mendoan, martabak telur sampai kerupuk jengkol. Dengan kisaran harga dari 160 yen hingga 840 yen.

Uniknya lagi penjual makanan ini fasih berbahasa Jawa. Dengan aksen 'medok' yang kental, terdengar penjual asal Jepang itu sibuk melayani pesanan pembeli sambil menjawab pertanyaan mereka dalam bahasa Jawa.

Penjual Bakso Beranak dan Kerupuk Jengkol di Jepang Ini Jago Bahasa JawaPenjual Bakso Beranak dan Kerupuk Jengkol di Jepang Ini Jago Bahasa Jawa Foto: TikTok @akulibra02

"Beli (bakso) pakai bahasa Jawa Bang. Jawa di mana-mana," ucap @akulibra02.

"Nah ini siapa nih yang pesan Bakso Beranak?" tanya penjual asal Jepang itu dengan logat Jawa yang kental. Setelah itu penjual tersebut juga mengatakan kata 'akeh' yang artinya 'banyak'.

Banyak pengguna TikTok dan netizen lainnya yang terpana dengan penjual bakso keliling ini. Mereka terkejut melihat penjual bakso di sana bisa berbahasa Jawa.

Ada juga yang lebih fokus ke harga makanan yang ditawarkan di sana. Karena kisaran harganya yang cukup mahal, dibandingkan jajan bakso di Indonesia.

"Kalau di dalam rupiah, harga menu-menunya ini wow. Bakso beranak seporsi Rp 112.585, Bakso Bertelor Rp 99.182, Ayam Bakar Rp 92.480, Tempe Mendoan dan gorengan lainnya Rp 21.444. Kerupuk Jengkol Rp 60.313," tulis @catsicute.

Penjual Bakso Beranak dan Kerupuk Jengkol di Jepang Ini Jago Bahasa JawaPenjual Bakso Beranak dan Kerupuk Jengkol di Jepang Ini Jago Bahasa Jawa Foto: TikTok @akulibra02

"Cita-citaku jualan di Jepang atau di Korea, jualan makanan halal. Kayaknya seneng aja gitu bisa menyediakan makanan halal untuk pendatang Muslim di sana," komen @aliansyatira.

"Bahasa Jawa jadi Bahasa Internasional nanti," canda @manusia_biasa740.

"Kerupuk jengkol lebih mahal dari martabak. Otw buka toko kerupuk di Jepang," lanjut @sound404notfound.

"Harga satu mangkok bakso di sana di atas Rp 100 ribu. Gue jadi pengen jualan bakso woy di sana," pungkas netizen lainnya.

Hingga saat ini video-video @akulibra02 saat jajan bakso di Jepang sudah ditonton lebih dari 800 ribu kali.

Tak hanya penjual bakso di Jepang. Sebelumnya di Indonesia sempat viral penjual takoyaki asal Jepang di Solo. Takoyaki buatan Hada Hiroshi ini berhasil menarik perhatian banyak orang.

Baca Juga: Oishii! Takoyaki dan Ramen Buatan Warung Hiroshi di Solo



Simak Video "Cicipi Bakso Beranak BMW dan Bakso Keju "
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com