Durian Black Thorn, Durian Favorit 'Sultan' yang Creamy dan Manis

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 04 Feb 2021 13:30 WIB
durian black thorn Foto: iStock
Jakarta -

Durian black thorn atau duri hitam adalah salah satu jenis durian mahal. Durian ini digemari para 'sultan' karena memiliki tekstur, aroma, dan rasa yang istimewa.

Durian merupakan buah eksotis yang berasal dari wilayah tropis. Durian banyak tumbuh dan digemari oleh sebagian besar orang di Asia Tenggara.

Bahkan di beberapa negara seperti Indonesia, Malaysia dan Thailand, durian menjadi komoditas buah-buahan yang paling terkenal. Durian sendiri memiliki banyak jenis dan varietas.

Perbedaan varietas durian ini dihasilkan dari bibit yang digunakan untuk menanam pohon durian. Varietas yang berbeda akan menghasilkan bentuk buah, rasa serta aroma durian yang berbeda-beda.

Dikutip dari Next Shark (13/1), ada sebuah durian yang dikenal sebagai durian 'miliarder' karena harganya yang sangat mahal. Durian bernama black thorn ini juga dinobatkan sebagai raja durian.

durian black thorndurian black thorn Foto: next shark

Baca Juga: Legit Pahit Durian Deprok Khas Salaman Magelang yang Berdaging Tebal

Durian black thorn muai ditemukan di pasar Malaysia sejak 2010. Sayangnya varietas ini baru ditemukan di Malaysia saja.

Durian black thorn memiliki ciri fisik berupa duri hitam kecil yang berada pada bagian bawah buah yang berbentuk bulat. Bahkan secara keseluruhan juga kulit buah durian yang satu ini berwarna lebih kehitaman dibanding durian lainnya.

Berbeda dengan durian terkenal lainnya seperti musang king, durian black thorn memiliki daging buah yang lebih tebal. Warnanya kuning keemasan.

Ukuran durian black thorn juga lebih besar dan memadati bagian dalam buah durian. Aromanya jauh lebih kuat dan menyengat dibanding jenis durian lainnya.

Ketika dimakan, daging buah durian black thorn terasa lebih creamy dan manis. Ketika kamu menggigitnya, kamu akan mendapati sensasi layaknya menikmati puding tebal yang meleleh dan melapisi lidah di dalam mulutmu.

durian black thorndurian black thorn Foto: next shark

Dibandingkan dengan durian lainnya, durian black thorn memiliki tekstur yang lebih halus dan tidak memiliki serat. Saat dikunyah, durian jenis ini juga akan melepaskan sensasi gurih yang serupa dengan karamel.

Bukan hanya keistimewaan rasa, durian juga memiliki manfaat sehat saat dikonsumsi. Durian bahkan dapat mencegah kanker, membantu mengatasi depresi dan meningkatkan kualitas tidur, memperbaiki pencernaan serta kandungan anti penuaan yang baik untuk dikonsumsi secara rutin.

Sayangnya, jika ingin mencoba durian black thorn kamu harus merogoh kocek yang lebih dalam lagi. Durian black thorn biasanya dijual seharga Rp 363 ribu per kilogramnya. Tak heran durian ini juga dikenal sebagai durian 'sultan' karena hanya orang-orang berkantong tebal saja yang bisa menikmatinya.

Bahkan di Malaysia, seorang wanita rela menghabiskan 937 RM atau setara dengan Rp. 3,2 juta. Harga tersebut dikeluarkan hanya untuk 2 buah durian black thorn dan 1 buah durian musang king.

Baca Juga: Rekor Durian Termahal di Dunia, Satu Buah Harganya Rp 681 Juta



Simak Video "Mengambil Durian untuk Dimasak, Madiun"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com