Viral Es Anggur Merah Campur Susu, Ahli Gizi Peringatkan Bahayanya

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 03 Feb 2021 19:00 WIB
es anggur merah campur susu viral Foto: Twitter @manyargubi
Jakarta -

Beberapa waktu lalu viral video es anggur merah yang dicampurkan susu evaporasi dan minuman bersoda. Ini komentar ahli gizi soal kemanan konsumsi minuman tersebut.

Anggur Merah adalah minuman alkhohol yang terbuat dari anggur merah. Warnanya merah agak keunguan. Merek yang paling populer di Indonesia adalah Cap Orang Tua.

Belum lama ini ada penjual es anggur merah yang viral di media sosial. Es ini dijajakan di kaki lima dengan tambahan es dan campuran susu.

Seperti yang dibagikan oleh akun Twitter @manyargubi. Dalam cuitannya terdapat sebuah video yang menampilkan bagaimana es anggur merah dibuat.

es anggur merah campur susu virales anggur merah campur susu viral Foto: Twitter @manyargubi

Anggur merah dicampurkan es batu, tambahan minuman bersoda rasa lemon, dan susu evaporasi kalengan. Es anggur merah ini lalu disajikan kepada pembelinya.

Namun, netizen ini menambahkan cuitan yang menyebutkan kalau campuran minuman tersebut berbahaya.

Baca Juga: Pesan 'Anggur Merah' Lewat Ojol, Wanita Ini Malah Dibelikan Buah Anggur

"Temen-temen, mohon jangan ditiru ya ini. Temen gue pernah kejadian ngide nyampur susu evaporasi dengan amer, gasampe sejam dia collaps karena kena lambungnya. Please bgt jangan ditiru, gila bgt ini yg jual," tulis akun Twitter @manyargubi.

es anggur merah campur susu virales anggur merah campur susu viral Foto: Twitter @manyargubi

Jadi dalam cuitannya itu, netizen ini menyampaikan informasi bagaimana temannya pernah sampai dilarikan ke rumah sakit karena meminum Anggur Merah (amer) yang dicampurkan susu evaporasi. Ia juga menyampaikan pada cuitan selanjutnya kalau temannya itu sampai kapok minum anggur merah.

Menurut pengalaman temannya itu, ternyata anggur merah dan susu evaporasi bukanlah campuran yang tepat. Informasi ini didapatkan dari dokter IGD yang menangani temannnya tersebut.

"Dokter IGDnya juga ngomong kalo emang bukan kombinasi yang baik amer sama susu evaporasi. Intinya jangan banget ditiru, serem anjir muntah darah depan muka gue," cuitan lainnya.

es anggur merah campur susu virales anggur merah campur susu viral Foto: Twitter @manyargubi

Tim detikFood juga coba menanyakannya kepada ahli gizi tentang campuran anggur merah dan susu evaporasi tersebut. Irtya Qiyamulail selaku ahli gizi juga mengungkapkan kalau campuran tersebut tidak tepat untuk dikonsumsi.

Irtya Qiyamulail mengatakan kalau campuran anggur merah dan susu evaporasi bisa berbahaya karena takarannya yang tak sesuai.

"Campuran minuman alkohol, soda, dan susu sebenernya sudah sering dijumpai di klub malam. Tapi, yang menjadi masalah adalah ketidaktahuan seberapa banyak komposisi campuran antara alkohol, soda, dan susu evaporasinya," ujar Irtya Qiyamulail ahli gizi kepada detikFood (2/2).

"Komposisi yang tidak sesuai takaran itulah memicu naiknya asam lambung sehingga berbahaya untuk kesehatan. Apalagi kalau kondisi orang tersebut dalam perut yang kosong. Kondisi pH lambung yang terlalu rendah juga bisa menyebabkan sesak napas hingga terjadi kolaps," lanjutnya.

es anggur merah campur susu virales anggur merah campur susu viral Foto: Twitter @manyargubi

Irtya juga menambahkan kalau minuman tersebut bisa saja tidak membahayakan asal takarannya tepat. "Kalau barista yang di klub itu kan biasannya sudah tau takarannya. Kemungkinan yang membahayakan itu bisa jadi pada takarannya yang tidak sesuai," kata Irtya Qiyamulail.

Anggur merah sendiri sudah memberikan efek yang memabukkan. Apalagi kalau ditambahkan bahan lain yang takarannya tidak tepat.

Baca Juga: Netizen Masak Nasi Pakai Anggur Merah, Nasinya Kayak Tape Ketan!



Simak Video "Mengintip Warung Angkringan Milik Dimas Seto"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com