Netizen Masak Nasi Pakai Anggur Merah, Nasinya Kayak Tape Ketan!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 31 Jan 2021 11:00 WIB
Netizen Masak Nasi Pakai Anggur Merah, Nasinya Kayak Tape Ketan! Foto: TikTok @tianjc
Jakarta -

Masak nasi umumnya pakai air biasa, tapi netizen ini eksperimen menggunakan minuman alkohol Anggur Merah. Seperti apa ya tampilan dan rasanya?

Konten masak nasi ini viral di TikTok lantaran paduannya tak biasa. Bukannya menggunakan air mentah atau air matang, netizen @tianjc malah memakai Anggur Merah.

Hal ini berawal dari komentar netizen yang ditujukan untuk kontennya seputar memasak nasi yang lain. "Jadi kepikiran masak nasi pake Amer, jadi gimana ya rasanya?" tanya seorang netizen pada @tianjc.

Netizen dengan nama asli Christian dan Christine ini lantas menjawab pertanyaan tersebut. Mereka benar-benar masak nasi di rice cooker menggunakan Anggur Merah sebagai pengganti air biasa.

Netizen Masak Nasi Pakai Anggur Merah, Nasinya Kayak Tape Ketan!Netizen Masak Nasi Pakai Anggur Merah, Nasinya Kayak Tape Ketan! Foto: TikTok @tianjc

Beras yang digunakan adalah beras merah. "Ini Amernya guys. Kita tumpahin, takarannya nggak kebanyakan nggak kesedikitan," kata @tianjc sambil menuangkan minuman alkohol ini ke beras.

Anggur Merah merupakan produk minuman alkohol populer di Indonesia. Minuman ini diproduksi Orang Tua sejak tahun 1948. Kandungan alkoholnya sekitar 19.7%.

Baca Juga: 5 Cara Memasak Nasi Pulen di Rice Cooker

Setelah ditunggu beberapa menit, nasi dengan campuran Anggur Merah inipun matang. Terlihat nasinya seperti nasi merah biasa, namun warna merahnya lebih terang.

Untuk rasanya, @tianjc menyebut mirip tape ketan. Terlihat tekstur nasinya seperti nasi pulen pada umumnya.

Netizen Masak Nasi Pakai Anggur Merah, Nasinya Kayak Tape Ketan!Netizen Masak Nasi Pakai Anggur Merah, Nasinya Kayak Tape Ketan! Foto: TikTok @tianjc

Sejak diunggah pada 28 Januari 2021, video masak nasi pakai Anggur Merah ini sudah ditonton 1,5 juta kali saat berita ini dibuat. Banyak netizen memberikan komentar.

Untuk rasanya yang disebut mirip tape ketan, seorang netizen memberi pencerahan. "Rasanya memang kayak tape kak, itulah kenapa kita ngga boleh banyak2 makan tape bisa mabok karena bakteri Saccharomyces cerevisiae mengandung gugus alkohol" tulis ayik.

Lalu apakah nasi dengan Anggur Merah ini memabukkan? Netizen megiyyyy mengatakan tidak.

"Itu gak akan bikin mabok guys karena titik didih alkohol kan 78C jadi bakal menguap alkoholnya kalo dimasak ga akan kerasa lagi," tuturnya.

Netizen Masak Nasi Pakai Anggur Merah, Nasinya Kayak Tape Ketan!Netizen Masak Nasi Pakai Anggur Merah, Nasinya Kayak Tape Ketan! Foto: TikTok @tianjc

Sebelum masak nasi dengan Anggur Merah, @tianjc memang sering mengunggah konten seputar masak nasi. Ia memanfaatkan rice cooker andalannya yang disebut 'si batik'.

Menurutnya rice cooker miliknya aneh karena selalu mengeluarkan air ketika masak nasi. Padahal ia sudah bereksperimen menggunakan sedikit air, banyak air, sedikit beras, sampai banyak beras untuk masak nasi.

Meski kontennya sederhana, hanya berupa masak nasi, ternyata banyak orang yang menyukainya. Saat ini mereka sudah punya sekitar 2 ribu followers

Baca Juga: 5 Kreasi Nasi Enak Ini Gampang Dibuat di Rice Cooker

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com