Di 5 Negara Ini Sampah Bisa Ditukar Sayur dan Beras

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 03 Feb 2021 10:00 WIB
Di 5 Negara Ini Sampah Bisa Ditukar Sayur dan Beras Foto: Ilustrasi iStock/Site News
Jakarta -

Untuk menjaga lingkungan, banyak organisasi di beberapa negara menerapkan sistem penukaran sampah dengan makanan. Mulai dari sayuran segar sampai beras.

Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat pada kebersihan lingkungan. Banyak organisasi non-profit hingga pemerintah yang memberikan program menarik.

Program ini mengajak warga untuk menukarkan sampah yang mereka punya dengan makanan. Cara ini terbilang cukup efektif, karena banyak warga yang membersihkan sampah di lingkungan sekitar. Agar mereka bisa menukarkannya dengan makanan.

Seperti India yang punya beberapa kafe sampah. Di mana pengunjung bisa menukarkan sampah yang mereka punya, dengan makanan siap saji gratis.

Kemudian di Indonesia banyak juga organisasi bank sampah, yang mengajak masyarakat untuk menukarkan sampah mereka dengan sayuran segar.

Berikut lima negara yang bisa menawarkan penukaran sampah dengan makanan.

1. Indonesia

Di 5 Negara Ini Sampah Bisa Ditukar Sayur dan BerasDi 5 Negara Ini Sampah Bisa Ditukar Sayur dan Beras Foto: Ilustrasi iStock/Site News

Selama beberapa tahun terakhir banyak organisasi non-profit, yang mengajak masyarakat untuk menukarkan sampah dengan makanan gratis.

Seperti yang dilakukan beberapa organisasi bank sampah di daerah Klaten, Yogyakarta. Di tengah pandemi, organisasi Bank Sampah Guyup Rukun, Paguyuban Bank Sampah Semut Harjo, LSM Lestari dan PT Tirta Investama Klaten membuka penukaran sampah.

Dilansir dari Krjogja (02/02), masyarakat di sekitar Kahuman bisa membeli aneka sayuran segar, sampai ikan lele dengan menukarkan sampah. Jenis sampahnya beragam mulai dari kardus, botol bekas, kertas dan yang lainnya.


2. India

Di 5 Negara Ini Sampah Bisa Ditukar Sayur dan BerasDi 5 Negara Ini Sampah Bisa Ditukar Sayur dan Beras Foto: Ilustrasi iStock/Site News

India masuk ke dalam negara yang cukup aktif mengajak warganya untuk lebih peduli terhadap lingkungan. Lewat organisasi South Delhi Muncipal Corporation (SDMC), ada lebih dari 23 kafe sampah di India.

Orang-orang hanya perlu menukarkan sampah yang mereka bawa untuk mendapatkan makanan gratis di sini. Fokus SDMC memang lebih sampah plastik yang jadi permasalahan serius di India.

Mulai dari botol minuman plastik, bungkus plastik hingga peralatan makan plastik. Setiap 1 kg sampah, pengunjung bisa mendapatkan kupon gratis untuk sarapan, makan siang atau makan malam.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Layanan Katering Haji Ini Bagi-bagi Makanan Gratis untuk Nakes"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com