Kacau! Beli Cumi-cumi di Pasar Saat Direbus Malah Jadi Bubur

Sonia Basoni - detikFood Senin, 01 Feb 2021 11:30 WIB
Kacau! Beli Cumi-cumi di Pasar Saat Direbus Malah Jadi Bubur Foto: YouTube/RedChili21
Jakarta -

Niat mau masak cumi-cumi wanita ini beli cumi di pasar. Tetapi ia kaget setelah temukan cumi itu berubah jadi bubur setelah beberapa menit direbus.

Jika biasanya cumi punya tekstur liat dan tidak mudah hancur. Tapi berbeda dengan cumi-cumi segar yang dibeli oleh wanita asal Sichuan, China ini.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik si Hitam Pekat Tinta Cumi yang Gurih

Pada akhir Januari lalu, wanita yang identitasnya tidak disebutkan ini membeli cumi-cumi di salah satu pasar tradisional di sana. Awalnya memang tidak ada yang aneh, sampai dia memutuskan untuk merebus cumi itu di air mendidih.

Dilansir dari RedChili21 (01/02), wanita itu sangat terkejut ketika menemukan cuminya berubah menjadi bubur setelah direbus selama delapan menit. Tak hanya hancur lebur, bahkan bentuk cuminya saja sudah tidak ada dan berubah menjadi cairan putih yang kental.

Kacau! Beli Cumi-cumi di Pasar Saat Direbus Malah Jadi BuburKacau! Beli Cumi-cumi di Pasar Saat Direbus Malah Jadi Bubur Foto: YouTube/RedChili21

Dia pun mengunggah videonya ini yang langsung viral di media sosial. Meski banyak yang meragukan video ini, tapi wanita itu kembali membuktikan ucapannya.

Ia kembali ke pasar yang sama, dan membeli cumi di penjual yang sama. Kemudian ia mulai merebusnya lagi dengan air mendidih. Hasilnya tetap sama, cumi itu kembali hancur dan menyatu dengan air panas.

Bahkan menurut pengakuannya, cumi itu meninggalkan residu setelah lima menit direbus. Kemudian bentuk dan tekstur cumi benar-benar hilang, atau menyatu dengan air setelah direbus selama delapan menit.

Kacau! Beli Cumi-cumi di Pasar Saat Direbus Malah Jadi BuburKacau! Beli Cumi-cumi di Pasar Saat Direbus Malah Jadi Bubur Foto: YouTube/RedChili21

Ia juga menunjukkan air rebusan cuminya yang berubah menjadi warna putih kental. Di dalam videonya, wanita itu mengungkapkan rasa khawatirnya apakah cumi tersebut aman atau tidak untuk dikonsumsi.

Menanggapi video ini, pihak badan pengawas pangan di China langsung turun tangan. Mereka sudah mengambil beberapa sampel dari cumi tersebut untuk diteliti lebuh lanjut.

Menurut situs Sina sendiri, ada beberapa ahli yang menyebutkan bahwa kondisi cumi berubah menjadi bubur ini bukan berarti cumi palsu atau plastik. Melainkan karena cumi sudah melalui proses pembekuan atau pelumeran selama beberapa kali.

Kacau! Beli Cumi-cumi di Pasar Saat Direbus Malah Jadi BuburKacau! Beli Cumi-cumi di Pasar Saat Direbus Malah Jadi Bubur Foto: YouTube/RedChili21

Akhirnya kualitas cumi dan seafood lainnya ini menurun, karena mengalami kerusakan struktur sel saat proses pelumeran. Seafood seperti cumi-cumi ini akan kehilangan kapasitasnya untuk menahan air.

Menurut mereka sangat sulit membuat cumi sintetis (tiruan) karena biayanya yang mahal, dan proses pembuatannya yang sangat rumit.

Isu makanan seperti ini bukan hal baru yang terjadi di China. Sebelumnya banyak makanan oplosan atau tiruan yang menyebar di China. Mulai dari beras plastik, kepiting berbulu palsu, sampai mie beras yang sudah membusuk.

Baca Juga: 5 Kasus Makanan Oplosan di China yang Bikin Heboh



Simak Video "Masak Masak: Resep Cumi Bakar Keju"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com