5 Fakta Menarik si Hitam Pekat Tinta Cumi yang Gurih

Riska Fitria - detikFood Rabu, 17 Jun 2020 18:30 WIB
Fakta menarik tinta cumi Fakta menarik tinta cumi Foto: iStock
Jakarta -

Cumi-cumi memiliki tinta yang berwarna hitam pekat. Namun, tahukah kamu apa fungsi, nutrisi dan manfaat dari tinta cumi tersebut? Ini penjelasannya.

Selain dagingnya, tinta warna hitam pekat pada cumi juga dapat dikonsumsi. Tinta cumi ini ada dalam kantong kecil berwarna perak di bagian bawah kepala cumi.Tinta cumi itu mengandung beberapa senyawa penting yang dapat memberikan khasiat untuk kesehatan tubuh.

Pada cumi, tinta hitam itu juga memiliki fungsi untuk mengelabui makhluk biota laut yang menyerang atau berbahaya. Selain itu, untuk manusia, tinta cumi dapat dimanfaatkan untuk dikonsumsi juga untuk hal lainnya.

Sebagai makanan apa hukumnya makan tinta cumi dalam ajaran Islam? Apa saja khasiat sehat tinta cumi ini? Berikut ini 5 fakta tentang tinta cumi yang perlu kamu ketahui.

1. Alat pelindung diri cumi

Fakta menarik tinta cumiFakta menarik tinta cumi Foto: iStock

Berwarna hitam pekat, tinta pada cumi memiliki fungsi khusus. Fungsinya pada cumi adalah sebagai mekanisme pertahanan yang memungkinkan cumi-cumi untuk melarikan diri dari predator.

Jadi, ketika cumi sedang merasa terancam karena adanya predator, maka cumi akan mengeluarkan tintanya sehingga membuat air menjadi keruh kehitaman. Dengan begitu predator akan kesulitan melihat keberadaan cumi-cumi.

Nah, yang membuat warna tinta cumi berwarna hitam pekat adalah karena adanya kandungan melanin. Selain melanin, ada beberapa kandungan nutrisi lainnya yang berkhasiat untuk kesehatan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Kerupuk Tinta Cumi, Lezat dan Menyehatkan!"
[Gambas:Video 20detik]