Rekomendasi Tempat Makan

5 Soto Betawi Legendaris di Jakarta yang Enaknya Kebangetan!

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 29 Jan 2021 12:00 WIB
5 Soto Betawi Legendaris di Jakarta yang Enaknya Kebangetan! Foto: DetikFood
Jakarta -

Jadi menu makanan klasik yang tak lekang oleh waktu. Banyak soto Betawi legendaris di Jakarta yang eksis sejak puluhan tahun lalu.

Hampir setiap daerah memiliki racikan soto khas masing-masing. Seperti di Jakarta contohnya, yang terkenal dengan racikan soto Betawi yang mantap.

Berkuahkan santan atau susu, soto Betawi disajikan dengan potongan daging sapi, paru, kikul hingga babat.

Di Jakarta sendiri banyak penjual soto Betawi legendaris yang enaknya kebangetan. Mereka sudah berjualan sejak puluhan tahun lalu.

Mulai dari Soto Cawang yang letaknya berada di dalam area parkir. Kemudian ada soto Betawi H. Ma'ruf yang sudah buka sejak tahun 1940, dan masih banyak lagi.

Berikut lima rekomendasi soto Betawi legendaris di Jakarta yang enaknya kebangetan.


1. Soto Betawi H. Ma'ruf

5 Soto Betawi Legendaris di Jakarta yang Enaknya Kebangetan!5 Soto Betawi Legendaris di Jakarta yang Enaknya Kebangetan! Foto: DetikFood

Sudah berdiri sjak tahun 1940-an. Rumah makan Soto Betawi H. Ma'ruf di wilayah Cikini masih buka hingga sekarang. Usia soto Betawi yang satu ini sudah mencapai 80 tahun lebih.

Ciri khas soto Betawi di sini memadukan antara kuah santan dengan susu serta rempah yang enak. Potongan daging hingga jeroannya juga bebas dari aroma amis.

Di sini soto Betawi disajikan tanpa sayuran seperti tomat atau kentang. Jadi murni isinya hanya potongan daging, paru, babat, kikil, atau usus sesuai selera. Satu porsinya sekitar Rp 45.000.

Soto Betawi H. Ma'ruf
Jl. RP. Soeroso No. 36A (Gondangdia Lama).
Cikini, Menteng, Jakarta Pusat.
Telp: 085775368588


2. Soto Cawang

Lezatnya Soto Cawang, Soto Betawi Legendaris di Area ParkirLezatnya Soto Cawang, Soto Betawi Legendaris di Area Parkir Foto: detikFood


Tempat makan soto yang satu ini letaknya memang di pinggir jalan. Tapi lokasinya berada di dalam area parkir di Cawang, Jakarta Timur. Namanya Soto Cawang, sudah buka sejak tahun 1952.

Di sini racikan kuah sotonya dibuat murni tanpa susu. Jadi hanya mengandalkan santan dan bumbu giling saja. Untuk ciri khasnya sendiri, terletak pada aroma kuah soto yang harum.

Proses masak kuah dan daging juga masih menggunakan kayu bakar. Pilihan menunya ada soto Betawi daging, paru, babat, kikil hingga tulang muda. Satu porsinya berkisar di angka Rp 45.000.

Baca Juga: Lezatnya Soto Cawang, Soto Betawi Legendaris di Area Parkir

Soto Cawang
Jl. Mayor Jendral Sutoyo No.3.
Cawang, Jakarta Timur.
Telp: (021) 8002130

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Gurih Nikmat Soto Betawi Legendaris di Cawang"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com