7 Cara Makan Korean BBQ yang Benar Menurut Orang Korea Asli!

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 26 Jan 2021 12:00 WIB
cara makan korean bbq yang benar Foto: YouTube Bandung Oppa
Jakarta -

Korean BBQ masih jadi menu favorit pencinta olahan daging sapi. Untuk menikmatinya, kamu perlu tahu cara makan Korean BBQ yang benar. Begini caranya!

Korean BBQ adalah olahan daging panggang asal Korea Selatan yang jadi primadona di Indonesia. Banyak pencinta kuliner yang menyukainya.

Bisa dilihat dari banyaknya restoran AYCE Korean BBQ yang menjamur di Indonesia. Mulai dari yang harganya terjangkau hingga yang mahal karena tergolong premium.

Meski terlihat mudah memakannya, ternyata banyak orang menikmati Korean BBQ dengan cara yang salah. Melihat hal itu, seorang YouTuber Korea Selatan membagikan cara makan Korean BBQ yang benar.

Lewat video YouTube miliknya, Bandung Oppa begitu ia dikenal, membagikan caranya. Mulai dari proses memasak hingga saus cocolan yang biasa disantap orang Korea saat menikmati Korean BBQ.

Berikut cara makan Korean BBQ yang benar:

1. Siapkan Panggangan

cara makan korean bbq yang benarcara makan korean bbq yang benar Foto: YouTube Bandung Oppa

Korean BBQ biasanya dipanggang di atas panggangan berbentuk bundar atau persegi panjang. Ada yang masih menggunakan arang, kompor, hingga panggangan listrik yang praktis.

YouTuber Bandung Oppa menjelaskan hampir setiap orang Korea memiliki panggangan Korean BBQ di rumah. Ia pun memilikinya, bahkan membeli panggangan listrik yang lebih praktis.

Baca Juga: Di Bintaro Ada 5 Korean BBQ All You Can Eat yang Harganya Terjangkau

2. Cara Memanggang

cara makan korean bbq yang benarcara makan korean bbq yang benar Foto: YouTube Bandung Oppa

Saat memanggang Korean BBQ, pastikan dulu kalau panggangan itu sudah panas. Setelah itu, jangan langsung memanaskan lembaran daging di atasnya. Karena akan membuat daging lengket di atas panggangan.

Sebaiknya diberikan minyak atau butter terlebih dahulu. Kalau tidak ada minyak ataupun butter, bisa menggunakan lembaran daging yang bagian lemaknya banyak. Lembaran daging berlemak itu dioleskan ke seluruh permukaan panggangan.

3. Siapkan Ssam

cara makan korean bbq yang benarcara makan korean bbq yang benar Foto: YouTube Bandung Oppa

Ssam adalah sayuran yang disiapkan untuk membungkus Korean BBQ. Orang Korea menikmati daging BBQ tak hanya disantap begitu saja, tapi juga dibungkus oleh daun selada.

Sayuran yang digunakan untuk ssam biasanya daun selada. Namun, bisa juga menggunakan sawi putih mentah atau kenip (perilla).

4. Kimchi Panggang

cara makan korean bbq yang benarcara makan korean bbq yang benar Foto: YouTube Bandung Oppa

Kimchi jadi elemen penting saat makan Korean BBQ. Kalau makan Korean BBQ menggunakan kimchi, menurut orang Korea terasa lebih enak. Jenis kimchi yang biasa digunakan adalah sawi putih.

Potongan kimchi sawi putih dipanggang setelah daging BBQ. Panggang hingga kimchi agak kecokelatan.

5. Saus Cocolan

cara makan korean bbq yang benarcara makan korean bbq yang benar Foto: YouTube Bandung Oppa

Cara makan Korean BBQ yang benar tentu saja harus lengkap. Kamu juga perlu menyiapkan saus cocolan jika ingin makan Korean BBQ yang enak.

Saus cocolan yang wajib dipakai ada 2 jenis. Pertama, ada gireumjang yaitu saus yang terbuat dari minyak wijen campur garam dan merica.

Lalu, ada juga saus bernama ssamjang yang merupaka saus dengan cita rasa asam manis. Terbuat dari kacang kedelai fermentasi, menurut YouTuber Bandung Oppa rasanya seperti oncom tapi manis.

6. Cara Makan Korean BBQ

Setelah semua bahan selesai disiapkan dan daging telah matang, kamu tinggal menikmati Korean BBQ. Caranya dengan membungkus daging Korean BBQ menggunakan ssam.

Daging Korean BBQ sebelumnya dicocol ke dalam saus geurimjang. Setelah itu diletakkan di atas daun selada atau kenip. Kemudian, tambahkan saus ssamjang di atasnya.

Tak lupa tambahkan juga bawang putih panggang dan kimchi panggang. Kamu juga bisa tambahkan nasi. Kemudian bungkus ssam dan tinggal melahapnya.

7. Makan Tanpa Ssam

cara makan korean bbq yang benarcara makan korean bbq yang benar Foto: YouTube Bandung Oppa

Kalau kamu tak ingin membungkus daging Korean BBQ menggunakan ssam, kamu bisa langsung melahapnya dengan nasi putih hangat. Letakkan nasi di dalam mangkuk, kemudian letakkan kimchi panggang di atasnya.

Tambahkan juga bawang putih panggang, ssamjang, dan daging Korean BBQ. Suapkan nasi beserta daging BBQ ke dalam mulut menggunakan sumpit. Rasanya juga tak kalah enak.

Baca Juga: 2 Resep BBQ Korea, Bulgogi dan Galbi yang Mantul



Simak Video "Pedas Mantap Seafood Dak Galbi ala Korea"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com