Doyan Chinese Food, Teknisi Ini Bikin Robot Masak Tumisan Sayur

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 25 Jan 2021 18:00 WIB
Teknisi Bikin Robot Masak Chinese Food Foto: TikTok @xwowduck
Jakarta -

Seorang teknisi mengungkapkan kalau dirinya sangat menyukai Chinese food. Dalam video TikTok-nya, ia membuat robot masak Chinese food yang canggih.

Chinese food punya banyak penggemar. Hidangan dari China ini biasanya dimasak dengan menggunakan teknik api besar. Biasanya Chinese food juga dimasak dalam wok.

Chinese food memiliki cita rasa paduan gurih, manis, dan asin. Seperti capcay, ayam goreng mentega, nasi goreng oriental, sapo tahu, ayam kuluyuk, dan lainnya.

Seorang teknisi dalam akun TikTok miliknya @xwowduck mengungkapkan kesukannya terhadap rasa dari Chinese food. Namun, ia hanya menyukainya dan tidak bisa memasaknya.

Teknisi Bikin Robot Masak Chinese FoodTeknisi Bikin Robot Masak Chinese Food Foto: TikTok @xwowduck

Teknisi yang tidak diketahui namanya ini pun mencoba membuat robot masak Chinese food sendiri. Ia membagikan dalam video TikTok (24/1) mengenai bagaimana robot itu memasak tumisan sayur ala China secara otomatis.

Baca Juga: 5 Robot Pelayan Ini Jadi Solusi Efektif di Tengah Pandemi Corona

"Helo TikTok, saya adalah seorang teknisi," tulis keterangan dalam video TikTok @xwowduck.

"Saya sangat suka Chinese food, tapi tidak bisa memasak," lanjutnya.

Teknisi Bikin Robot Masak Chinese FoodTeknisi Bikin Robot Masak Chinese Food Foto: TikTok @xwowduck

Robot itu dibuat menggunakan barang-barang sederhana. Ada wok, kompor, spatula, dan beberapa tiang serta kabel untuk menghubungkan robot tersebut.

Dalam videonya, sayur-sayuran sudah ditaruh lengkap dalam wajan. Kemudian, spatula mulai digerakkan untuk mengaduk bahan. Wok juga ikut bergerak setelah tiang yang membawa sebotol kecap asin dituangkan ke dalam wok.

Wok dan spatula bergerak bersamaan, bahkan tingkat kecepatannya cukup tinggi. Robot masak ini memungkinkan semua bahan dapat tercampur.

Namun, ketika semua bahan telah tercampur dan berhasil dimasak, wok (wajan) malah bergerak tak beraturan. Wok itu bahkan sampai bergerak ke pinggir kompor dan jatuh.

Teknisi ini membuat robot masak otomatis untuk dipamerkan kepada mertuanya. "Seperti yang kalian tahu, mertua saya (orang Asia) adalah seorang PhD mesin," tulisnya lagi dalam keterangan video.

Teknisi Bikin Robot Masak Chinese FoodTeknisi Bikin Robot Masak Chinese Food Foto: TikTok @xwowduck

"Jadi, saya membuat robot masak Chinese food otomatis ini untuk membuatnya terkesan. Saya tidak sabar untuk menunjukkan ini ke mertua saya," lanjutnya.

Video ini viral di TikTok, sudah ditonton lebih dari 2,5 juta kali. Namun, banyak netizen berkomentar kalau kecap asin yang dimasukkan terlalu banyak.

"Kecap asinnya masuk terlalu banyak," komentar netizen. "Mungkin harus buat penyangga agar wajannya tidak jatuh," sahut yang lain.

Baca Juga: Canggih! Resto Ini Pakai Robot untuk Sajikan Nasi Goreng dan Bubur



Simak Video "Melihat Kerja Robot 'Bob', Tukang Bangun Rumah Otomatis"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/yms)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com