7 Tempat Jajan Street Food Terbaik di Dunia, Ini Daftarnya!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 26 Jan 2021 16:00 WIB
7 Tempat Jajan Street Food Terbaik di Dunia, Ini Daftarnya! Foto: Getty Images/fotoVoyager
Jakarta -

Street food selalu menarik dicoba saat kamu berkunjung ke suatu negara. Tapi tahukah kamu ada 7 negara yang dinobatkan sebagai tempat terbaik untuk jajan street food? Ini daftarnya.

Street food atau makanan kaki lima tak bisa dipisahkan dari banyak budaya negara di dunia. Kehadiran street food seolah menjadi daya tarik tersendiri untuk penduduk lokal mereka maupun para turis yang tengah berlibur.

Street food menawarkan makanan khas sebuah negara dengan harga terjangkau. Tak jarang, cita rasa makanan kaki lima ini sesuai dengan selera banyak orang sehingga kepopulerannya juga sampai ke negara lain.

Sebut saja takoyaki dan okonomiyaki yang termasuk street food khas Osaka, Jepang. Lalu ada juga banh mi khas Vietnam yang disukai karena cita rasanya yang menyegarkan.

Di mana lagi tempat menikmati street food terbaik di dunia? Dan apa saja makanan yang ditawarkan? Berikut detikfood merangkum informasinya dari Metro.co.uk ((25/1):

1. Singapura

7 Tempat Jajan Street Food Terbaik di Dunia, Ini Daftarnya!7 Tempat Jajan Street Food Terbaik di Dunia, Ini Daftarnya! Foto: Getty Images/fotoVoyager

Di Asia ada Singapura yang terkenal dengan kekayaan dan kenikmatan street food-nya. Dilihat sejarahnya, dunia kuliner Singapura sudah ada sejak tahun 1800-an. Saat itu Singapura masih menjadi pusat perdagangan yang membuat para pengusaha dari seluruh kepulauan Melayu berkumpul di sana untuk mencari uang.

Percampuran budaya di Singapura menjadi alasan mengapa makanan di negeri singa ini cukup beragam. Ada pengaruh hidangan China, India, Indonesia, dan banyak lainnya.

Menyoal street food, pemerintah Singapura serius menjajakannya lewat hawker center yang kini jumlahnya sangat banyak. Hawker center bahkan sudah ada sejak tahun 1900an.

Budaya hawker center di Singapura bahkan sudah terdaftar sebagai warisan budaya tak benda UNESCO. Pihaknya menilai hawker center yang sudah ada sejak lama di negeri singa membuat para pedagang melanjutkan dan menyempurnakan resepnya secara turun temurun ke anak cucunya.

Beberapa menu yang terkenal adalah nasi ayam Hainan, mee Hokkien, dan satai yang bisa dibuat dari daging ayam, sapi, atau domba. Ke Singapura pun rasanya tak lengkap tanpa mencicipi makanan kaki lima khas mereka.

Baca Juga: Sah! Budaya Hawker Singapura Terdaftar Sebagai Warisan Budaya Tak Benda UNESCO

2. Lima, Peru

Street food terbaik di dunia selanjutnya ada di Peru, tepatnya di kota Lima. Berbagai makanan kaki lima khas Amerika Selatan bisa kamu temukan di sini.

Salah satu yang populer adalah ceviche, potongan tipis fillet ikan mentah yang diberi perasan air lemon. Kemudian ada picarones (donat ubi dan labu dengan topping sirup) dan mazamorra morada, makanan manis berbahan jagung ungu.

Untuk tempat menikmati street food di Lima, kamu bisa datang ke Al Toke Pez di Surquillo. Di sini pemiliknya, Toshi, menyajikan sampai 6 jenis ceviche dan makanan kaki lima khas Amerika Selatan lainnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com