Jenis Pasta Terlangka di Dunia Ini Hanya Bisa Dibuat 3 Orang!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 26 Jan 2021 14:30 WIB
Jenis Pasta Terlangka di Dunia Ini Hanya Bisa Dibuat 3 Orang! Foto: Instagram rr_obscura/Fine Dining Lovers

Abraini tidak menyerah. Ia tetap gigih memperkenalkan pasta benang Tuhan pada khalayak yang lebih luas. Ia memamerkan keterampilannya membuat pasta di Roma hingga mulai membuat pasta langka ini untuk disajikan di restoran-restoran.

Lantas mengapa pasta benang Tuhan sangat sulit dibuat? Padahal bahan utama pasta ini hanya 3 yaitu bunga semolina, air, dan garam. Namun karena semua bahan dibuat dengan tangan, proses ini saja sudah melelahkan.

Untuk membuatnya, semua bahan itu dicampur dan diuleni dalam waktu yang sangat lama untuk meregangkan gluten. Dengan begini, pasta benang Tuhan tidak akan putus meski dibentuk menjadi untaian yang sangat panjang dan tipis.

Proses pembuatan untaian diawali dari membagi adonan pasta benang Tuhan menjadi 8 helaian, kemudian dilipat, dipotong jadi dua, dan direntangkan lagi.

Jenis Pasta Terlangka di Dunia Ini Hanya Bisa Dibuat 3 Orang!Jenis Pasta Terlangka di Dunia Ini Hanya Bisa Dibuat 3 Orang! Foto: Instagram rr_obscura/Fine Dining Lovers

Baca Juga: Dijemur hingga Ditarik, Ini 5 Mie Tradisional yang Populer di Dunia

Proses ini diulangi 32 kali sampai diperoleh 256 benang pasta yang sangat tipis. Sebagai perbandingan, ketipisan pasta benang Tuhan itu sekitar setengah kali lebih tipis dari pasta angel hair yang lebih terkenal.

Kemudian benang-benang pasta ini akan direntangkan di atas nampan bulat dan datar yang disebut fundu dalam tiga lapisan yang saling tumpang tindih, dan dibiarkan di bawah sinar matahari selama beberapa jam, hingga kering.

Lapisan pasta ini nantinya saling menempel sehingga menciptakan desain seperti kain. Potongan 'kain' inilah yang bisa dipotong-potong untuk dimasak dan dinikmati.

Meski prosesnya mudah dijelaskan, namun kenyataan untuk membuatnya tidak semudah itu. Abraini sering kali dianggap punya rahasia untuk membuat pasta benang Tuhan, namun ia bilang tidak ada rahasia bahan khusus.

"Rahasianya tepat di depan Anda. Itu adalah tangan saya," katanya menjelaskan.

Jenis Pasta Terlangka di Dunia Ini Hanya Bisa Dibuat 3 Orang!Jenis Pasta Terlangka di Dunia Ini Hanya Bisa Dibuat 3 Orang! Foto: Instagram rr_obscura/Fine Dining Lovers

Tahun 2015, sekelompok insinyur dari perusahaan pasta merek Barilla pernah coba mencari cara produksi pasta benang Tuhan menggunakan mesin. Hasilnya, mereka gagal.

Jamie Oliver juga pernah mengunjungi Abraini untuk belajar masak pasta benang Tuhan, namun ia menyerah setelah dua jam mencoba.

Menurut Slow Food International's Ark of Taste, project yang khusus mendata tradisi kuliner langka, pasta benang Tuhan adalah pasta paling langka dan paling terancam punah di dunia.

"Ini adalah salah satu makanan yang paling berisiko punah, sebagian besar karena itu salah satu pasta yang paling sulit dibuat," kata Raffaella Ponzio, kepala koordinator Ark of Taste.

Baca Juga: Ini Cara Masak Pasta Enak Seperti yang Dilakukan Para Chef

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com