Jenis Pasta Terlangka di Dunia Ini Hanya Bisa Dibuat 3 Orang!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 26 Jan 2021 14:30 WIB
Jenis Pasta Terlangka di Dunia Ini Hanya Bisa Dibuat 3 Orang! Foto: Instagram rr_obscura/Fine Dining Lovers
Jakarta -

Pasta punya banyak jenis di Italia, tapi ada satu jenis yang tergolong langka. Disebut pasta benang Tuhan, pasta ini sangat tipis dan sulit dibuat.

Jenis pasta dibedakan berdasarkan bentuknya, ada yang permukaannya lebar, tipis, hingga berbentuk seperti kantong. Beberapa yang populer adalah fettuccine, spaghetti, dan ravioli.

Tapi pernahkah kamu mendengar pasta "thread's of God" atau berarti "benang Tuhan"? Jenis pasta ini disebut-sebut sebagai pasta langka di dunia. Bukan tanpa alasan pasta ini tak tersedia banyak di pasaran.

Dikutip dari Oddity Central (25/1), pasta benang Tuhan dibuat di sebuah kota kecil bernama Nuoro di pulau Sardinia, Italia. Pasta ini masih dibuat dengan tangan (hand-made) dan hanya sedikit orang yang bisa membuatnya.

Jenis Pasta Terlangka di Dunia Ini Hanya Bisa Dibuat 3 Orang!Jenis Pasta Terlangka di Dunia Ini Hanya Bisa Dibuat 3 Orang! Foto: Instagram rr_obscura/Fine Dining Lovers

Warga Nuoro menyebut pasta ini "filindeu" atau "fili di dio". Pasta benang Tuhan termasuk jenis pasta tradisional yang punya kaitan erat dengan ritual keagamaan kuno, La Festa di San Francesco.

Tiap bulan Mei, warga Nuoro memperingati ritual yang sudah diperingati selama 200 tahun ke belakang ini. Mereka akan menyelesaikan ziarah sepanjang 33 km dengan berjalan kaki atau menunggang kuda dari Nuoro ke desa Lula.

Dalam perjalanan tersebut, pasta benang Tuhan dibawa. Karenanya pasta ini juga disebut sebagai hidangan yang sakral atau suci.

Sayangnya saat ini hanya ada 3 wanita di dunia yang tahu cara membuat pasta benang Tuhan. Mereka berusaha tetap melestarikan pasta ini dan membuatnya lebih mudah dinikmati siapapun.

Salah satunya adalah Paola Abraini. Wanita 67 tahun ini mempelajari cara membuat pasta benang Tuhan dari ibunya yang juga belajar membuatnya dari generasi di atasnya lagi.

Jenis Pasta Terlangka di Dunia Ini Hanya Bisa Dibuat 3 Orang!Jenis Pasta Terlangka di Dunia Ini Hanya Bisa Dibuat 3 Orang! Foto: Instagram rr_obscura/Fine Dining Lovers

Kemudian Abraini 'mewariskan' kemampuannya membuat pasta benang Tuhan pada keponakan dan adik iparnya. Abraini mengaku anaknya justru tidak bisa membuat pasta ini karena ia tidak punya semangat dan kesabaran untuk menekuninya.

Dalam beberapa tahun terakhir, Abraini merasa putus asa bisa membuat pasta benang Tuhan tetap dikenal. Ia pun pergi ke pemerintah daerah untuk meminta bantuan.

Abraini ingin mendirikan sekolah untuk para gadis mempelajari cara membuat pasta benang Tuhan. Hanya saja gadis-gadis tersebut mengaku tak punya uang. Abraini pun berinisiatif mengajarkan mereka secara gratis di rumahnya.

Namun sayang inisiatif mulia Abraini ini tidak berjalan lancar. Ia mengatakan pembuatan pasta yang sulit membuat para gadis enggan meneruskannya.

Baca berita di halaman selanjutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com