Baru! Kecap Cokelat, Racikan Kecap Unik dari Jepang

Diah Afrilian - detikFood Senin, 25 Jan 2021 16:00 WIB
Baru! Kecap Cokelat, Racikan Kecap Unik dari Jepang Foto: Grapee
Jakarta -

Biasanya kecap dibuat dari kacang kedelai. Tetapi bagaimana jika kecap dan cokelat digabungkan jadi satu. Kira-kira gimana rasanya ya?

Soy sauce atau kecap merupakan bumbu yang populer dalam berbagai masakan Asia. Kecap terbuat dari kedelai hitam atau kedelai kuning yang umumnya memiliki rasa yang manis atau asin.

Kecap manis akan cenderung memiliki konsistensi yang kental. Sedangkan kecap asin biasanya berbentuk jauh lebih encer dibanding kecap manis dengan rasa manis yang kuat.

Jika kamu penggemar sushi dan sashimi, kamu pasti tidak asing dengan soy sauce. Tetapi bagaimana rasanya jika kecap dicampur dengan cokelat?

Baru! Kecap Cokelat, Racikan Kecap Unik dari JepangBaru! Kecap Cokelat, Racikan Kecap Unik dari Jepang Foto: Grapee

Dikutip dari Grapee (20/1), sebuah perusahaan asal Jepang telah mengembangkan kecap rasa cokelat. Kecap cokelat ini akhirnya berhasil dibuat setelah melalui berkali-kali percobaan selama 4 tahun.

Baca Juga: Inovatif! Jepang Terapkan Wisata Petik Stroberi Drive-Thru

Yuasa Soy Sauce Ltd., perusahaan kecap berusia 140 tahun ini berhasil memproduksi kecap rasa cokelat ini. Perusahaan yang berlokasi di Wakayama, Jepang ini telah mengumumkan peluncuran produk terbaru kecap cokelat mereka secara resmi.

Dalam percobaannya, produsen kecap ini dipimpin oleh Kanako Satsutani yang merupakan juri internasional Chocolate Award sejak 2014 untuk mengembangkan kecap rasa cokelat. Diberi nama Cacao Jang, kecap cokelat ini menggunakan cokelat yang sama yang digunakan dengan merk cokelat asal Prancis, Erithaj.

Baru! Kecap Cokelat, Racikan Kecap Unik dari JepangBaru! Kecap Cokelat, Racikan Kecap Unik dari Jepang Foto: Grapee

Cacao Jang dibuat dengan merendam biji kakao dalam kecap yang sebelumnya telah dipanggang terlebih dahulu. Kuyo Murasaki, seorang penelusur saus tamaru, mencoba menelusuri asal-usul kecap hingga ke abad-19 ketika kecap tidak sengaja ditemukan dalam proses fermentasi Kinsanjo miso. Teknikn yang sama dipakai untuk membuat Cacao Jang.

Cacao Jang mengklaim, ketika tutup wadah kecap cokelat mereka dibuka akan ada aroma cokelat lembut yang memanjakan hidung. Rasanya pun akan memberikan sensasi yang berbeda dengan kecap umumnya. Akan ada jejak rasa umami dari gabungan cokelat dan kecap.

Cacao Jang diproduksi dalam 2 jenis yaitu pasta yang lebih halus dan yang lebih kasar. Mungkin akan terbayang rasa manis yang selama ini dikenal sebagai karakteristik cokelat. Tetapi, Cacao Jang tidak menggunakan gula tambahan sehingga pesona rasa cokelat akan keluar secara alami dari aroma, rasa dan umami.

Baru! Kecap Cokelat, Racikan Kecap Unik dari JepangBaru! Kecap Cokelat, Racikan Kecap Unik dari Jepang Foto: Grapee

Dalam kecap cokelat ini, Cacao Jang membuat kolaborasi 2 makanan fermentasi. Biji kakao yang difermentasi menjadi cokelat dan biji kedelai yang difermentasi menjadi kecap.

Rasa unik yang dimiliki oleh kecap cokelat ini akan cocok jika dipadukan dengan hidangan unggas berbahan ayam atau bebek atau bahkan seafood. Bahkan, cokelat kecap ini juga diklaim akan cocok jika ditambahkan dalam masakan kari.

Cacao Jang akan dijual dengan jumlah yang terbatas dan dikirim ke seluruh Jepang. Untuk ukuran 140 gram dalam kemasan botol kaca, Cacao Jang akan dijual seharga 1.620 Yen atau setara dengan Rp. 220 ribu.

Baca Juga: 5 Makanan Instan Jepang Unik, Nasi Kari Astronot hingga Ramen Miliaran Bakteri



Simak Video "Bikin Laper: Bubur Bakar Hits di Solo Cita Rasa Masakan Hotel"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/raf)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com