Duh! Food Vlogger Ini Kaget Jajan Es Jeruk Pinggir Jalan Rp 60 Ribu

Sonia Basoni - detikFood Minggu, 24 Jan 2021 12:30 WIB
Duh! Food Vlogger Ini Kaget Jajan Es Jeruk Pinggir Jalan Rp 60 Ribu Foto: TikTok @jajanbeken
Jakarta -

Iseng jajan es jeruk di pinggir jalan tanpa bertanya harganya, food vlogger ini kaget ketika tahu harga es jeruk. Berapa ya harga per gelasnya?

Identik dengan harga yang murah, banyak penjual kaki lima yang kadang malah 'nakal' mematok harga makanan mereka di atas pasaran. Biasanya para pembeli tak sadar karena mereka memesan makanan atau minuman tanpa bertanya harganya.

Baca Juga: Kocaknya Curhatan Ala Netizen Saat Lihat Harga Makanan Mahal

Meski bukan hal yang baru lagi, tapi tetap saja kejadian seperti ini selalu viral dan membuat netizen gemas sendiri.

Seperti kisah yang dibagikan oleh food vlogger @jajanbeken di TikTok (24/01). Pria yang akrab disapa Bona ini menceritakan pengalaman tak terduganya jajan es jeruk yang cukup mahal.

Duh! Food Vlogger Ini Kaget Jajan Es Jeruk Pinggir Jalan Rp 60 RibuDuh! Food Vlogger Ini Kaget Jajan Es Jeruk Pinggir Jalan Rp 60 Ribu Foto: TikTok @jajanbeken

"Oke guys, gue mau cerita. Jadi malem-malem gue pengen beli kerak telor, tapi gue kebetulan haus, jadi pengen beli es jeruk dulu," jelasnya.

"Salahnya gue, gue itu gak nanya harganya berapa. Porsi es jeruknya juga cuma segini nih. Terus pas bayar, itu tuh bener-bener kaget banget dong. Gue disuruh bayar Rp 60 ribu, buat es jeruk yang biasanya harganya cuma Rp 5 ribu," curhat Bona.

Di video tersebut, tampak Bona memesan dua gelas es jeruk murni di salah satu penjual kaki lima. Kisaran satu harga es jeruk ini sekitar Rp 30.000.

Untuk penampilan dan porsi es jeruknya memang biasa saja. Es jeruk disajikan menggunakan gelas dan sedotan plastik. Video curhatan ini pun langsung viral di TikTok, bahkan ditonton sampai 4,3 juta kali.

Duh! Food Vlogger Ini Kaget Jajan Es Jeruk Pinggir Jalan Rp 60 RibuDuh! Food Vlogger Ini Kaget Jajan Es Jeruk Pinggir Jalan Rp 60 Ribu Foto: TikTok @jajanbeken

Banyak netizen yang menuliskan berbagai komentar mereka tentang es jeruk mahal ini.

"Positive thinking aja, mungkin dia bayar sama kerak telor," komen @pejuangmanja.

"Di depan kampus (es jeruk) cuma Rp 6 ribu. Di mall jadi Rp 12 ribu. Masa di pinggir jalan sana jadi Rp 60 ribu? Parah sih," tulis @nvs1031.

"Itu lah pentingnya lihat harga dulu sebelum membeli. Seperti di mall, kalau mau beli barang hehe," saran @usernamenya4.

Meski banyak yang mengkritik penjual es jeruk tersebut. Tapi ada beberapa yang ikut membelanya.

Duh! Food Vlogger Ini Kaget Jajan Es Jeruk Pinggir Jalan Rp 60 RibuDuh! Food Vlogger Ini Kaget Jajan Es Jeruk Pinggir Jalan Rp 60 Ribu Foto: TikTok @jajanbeken

"Itu (es jeruk) full buah jeruk kan? Kalau iya wajar sih kak. Soalnya kalau di warung kan dicampur air," jelas @thatgewdguy.

Bona sendiri kembali menjelaskan di kolom komentar bahwa es jeruk yang dibelinya memang mahal.

"Serius aku gak bohong guys. Satunya Rp 30 ribu, pesan moralnya jangan kepedan aja sama harga yah. Tanya dulu kalau mau beli," pesannya.

Duh! Food Vlogger Ini Kaget Jajan Es Jeruk Pinggir Jalan Rp 60 RibuDuh! Food Vlogger Ini Kaget Jajan Es Jeruk Pinggir Jalan Rp 60 Ribu Foto: TikTok @jajanbeken

Selain harga es jeruk pinggir jalan yang bikin kaget, banyak juga kejadian serupa yang diunggah di TikTok.

Seperti pada tanggal 28 Desember 2020 lalu. Di mana ada pengguna TikTok @claraaintan, yang komplain karena membeli rujak buah pinggir jalan seharga Rp 20.000.

Bukannya dibela netizen seperti Bona, Clara justru mendapatkan cibiran dari netizen yang membela penjual rujak buah itu.

Baca Juga: Sebut Rujak Rp 20 Ribu Mahal, Wanita Ini Malah Dinyinyiri Netizen



Simak Video "Merakyat Nikmat! Angkringan Sampai Risol Pedas di Kawasan Blok M Square"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
eLIFE
×
Dietku Bukan Dietmu
Dietku Bukan Dietmu Selengkapnya