Netizen Buktikan Modal Rp 20 Ribu Bisa Kenyang Seharian di Jogja

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 24 Jan 2021 13:00 WIB
Netizen Buktikan Modal Rp 20 Ribu Bisa Kenyang Seharian di Jogja Foto: TikTok @leslieperdana
Jakarta -

Bermodal uang Rp 20 ribu, netizen ini buktikan bisa kenyang makan seharian di Jogja. Ada apa saja menu murah meriah yang ia beli?

Di ibu kota, uang Rp 20 ribu untuk makan mungkin terbilang pas-pasan. Biasanya Rp 20 ribu hanya bisa untuk satu kali makan.

Misalnya saja seporsi ayam penyet plus nasi untuk makan siang atau seporsi pecel lele untuk makan malam. Bahkan kadang harganya bisa lebih dari Rp 20 ribu.

Tapi beda halnya dengan di Jogja. Kota pelajar ini terkenal dengan pilihan makanannya yang beragam dan murah meriah.

Hanya dengan Rp 20 ribu, kamu bisa makan seharian sampai kenyang di Jogja. Netizen TikTok bernama Leslie Perdana pun membuktikannya.

Netizen Buktikan Modal Rp 20 Ribu Bisa Kenyang Seharian di JogjaNetizen Buktikan Modal Rp 20 Ribu Bisa Kenyang Seharian di Jogja Foto: TikTok @leslieperdana

Pada 20 Januari 2020, ia mengunggah video berjudul "Rp 20.000 seharian di Jogja bisa dapet apa aja?" Videonya viral hingga sudah ditonton lebih dari 2 juta kali saat berita ini dibuat.

Pertama, Leslie menunjukkan dirinya sarapan bubur ayam. "Harganya cuma Rp 3.500. Porsinya sebanyak ini cuma sayangnya nggak ada kerupuk aja sih," tuturnya.

Ia memperlihatkan semangkuk bubur penuh rendaman kuah. Di atasnya ada taburan kacang goreng dan seledri.

Baca Juga: Murah Banget! Makan Nasi Teri Legendaris di Jogja Cuma Rp 5.000

Lanjut makan siang, Leslie pilih makan mie ayam. Ia mengatakan, "Harganya cuma Rp 6.000. Total baru (keluar uang) Rp 9.500."

Netizen Buktikan Modal Rp 20 Ribu Bisa Kenyang Seharian di JogjaNetizen Buktikan Modal Rp 20 Ribu Bisa Kenyang Seharian di Jogja Foto: TikTok @leslieperdana

Terlihat mie ayamnya seperti porsi pada umumnya di Jakarta yang harganya kurang lebih Rp 10.000. Leslie juga bilang rasanya enak.

Sore hari saat dirinya haus, Leslie jajan Thai Tea yang harganya Rp 4.000 saja. "Thai tea mana men yang harganya Rp 4.000," katanya.

Sebagai penutup, Leslie makan malam di angkringan. Ia pilih makan dua bungkus nasi kucing plus satu gorengan.

Bujet untuk makan malamnya sangat terjangkau, hanya Rp 4.500 saja. "Dan ternyata masih sisa Rp 2.000," ujarnya di akhir video.

Netizen Buktikan Modal Rp 20 Ribu Bisa Kenyang Seharian di JogjaNetizen Buktikan Modal Rp 20 Ribu Bisa Kenyang Seharian di Jogja Foto: TikTok @leslieperdana

Video ini sukses mencuri perhatian netizen. Banyak yang terkesima dengan harga makanan di Jogja yang murah meriah.

"Main di Bekasi bang, abis buat bayar parkir doang," kata seorang netizen. "Kok bisa bubur Rp 3.500. Rasa ingin pindah ke Jogja," sahut netizen lainnya.

Salah satu netizen bahkan membandingkan harga makanan di Kalimantan Timur, tempat tinggalnya. Ia menjelaskan harga makanan yang disantap Leslie.

"Bubur ayam Rp 10k, mie ayam 15k, Thai Tea 10k, angkringan kopi 5k + pisang keju 10k = 15k," tulisnya. Artinya dengan mengikuti pola makan Leslie, bujet santap di Kalimantan Timur mencapai Rp 50 ribu.

Bagaimana dengan harga makanan di kota tempat tinggalmu?

Baca Juga: Netizen Ungkap Harga Makanan di Kalimantan: 50 Ribu Cuma Bisa Jajan Setengah Hari

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com