5 Fakta Kopi Telur, Racikan Kopi Vietnam untuk Sarapan

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 22 Jan 2021 06:00 WIB
5 Fakta Kopi Telur, Racikan Kopi Vietnam untuk Sarapan Foto: iStock/Thespruceats/Site News
Jakarta -

Selain kopi Vietnam drip yang populer, Vietnam juga punya kopi telur. Kopi campur telur yang creamy enak rasanya untuk teman sarapan.

Sama seperti negara Asia lainnya, Vietnam punya banyak varian kopi tradisional yang unik dan enak. Salah satunya ada Ca Phe Trung, atau dikenal juga dengan sebutan kopi telur.

Kopi yang satu ini selain menggunakan susu kental manis dan gula juga ditambahkan kuning telur kocok yang creamy. Membuat kopi lebih enak rasanya.

Di Vietnam kopi telur ini jadi menu sarapan yang populer. Karena teksturnya lebih kental, dan kandungan kuning telurnya memberi asupan nutrisi plus rasa lebih kenyang.

Dilansir dari Atlas Obscura dan sumber lainnya, berikut fakta menarik seputar kopi telur di Vietnam.

Baca Juga: Dicampur Telur hingga Sawo, 5 Racikan Kopi Unik Khas Vietnam


1. Sudah Populer Sejak Tahun 1946

5 Fakta Kopi Telur, Racikan Kopi Vietnam untuk Sarapan5 Fakta Kopi Telur, Racikan Kopi Vietnam untuk Sarapan Foto: iStock/Thespruceats/Site News

Vietnam terkenal dengan biji kopi robustanya yang beraroma kuat. Untuk mengurangi rasa kopi yang cukup kuat, banyak orang Vietnam menambahkan susu kental manis ke dalam kopi.

Dari sana muncul lah Ca Phe Sua atau kopi susu. Namun di tahun 1946, muncul kreasi baru yang diciptakan oleh peracik kopi bernama Nguyen Van Giang.

Pada saat itu terjadi perang Prancis di Vietnam yang menyebabkan krisis susu. Untuk mengatasinya, Nguyen mulai menggunakan kuning telur ayam yang dikocok hingga berbuih sebagai penggantinya.

2. Minuman Kopi Unik

5 Fakta Kopi Telur, Racikan Kopi Vietnam untuk Sarapan5 Fakta Kopi Telur, Racikan Kopi Vietnam untuk Sarapan Foto: iStock/Thespruceats/Site News

Sejak kemunculan Ca Phe Trung, banyak orang yang penasaran dengan cita rasa kuning telur dengan kopi. Meski menggunakan kuning telur tapi rasa kopi tidak amis sama sekali.

Untuk bahan-bahan pembuatannya juga sederhana. Dibutuhkan bubuk kopi robusta, susu kental manis, gula, kuning telur.

Cara pembuatannya campur kuning telur dengan gula lalu kocok sampai teksturnya kental seperti krim. Kemudian seduh bubuk kopi rabusta. Taruh suus kental manis dalam cangkir, tuangi air kopi lalu tambahkan krim telur kuning di atasnya. Kopi telur ini siap disajikan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Menikmati Kehangatan Kopi Bir Khas Boyolali"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
eLIFE
×
Dietku Bukan Dietmu
Dietku Bukan Dietmu Selengkapnya