Sluurp! Nikmatnya Kopi Telur Khas Vietnam yang Creamy Manis Ini

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Kamis, 12 Okt 2017 13:59 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Kopi susu Vietnam populer di berbagai negara. Vietnam juga punya racikan kopi dengan kuning telur segar. Dijadikan topping kopi panas. Lembut manis.

Cha Pe Trung atau kopi telur Viwtnam banyak dijajakan di Saigon. Sebenarnya tampilan tak berbeda dengan cappuccino. Hanya saja foam milk atau bisa susunya diberi campuran kuning telur hingga tampak kekuningan.

Bahan-bahan untuk membuat racikan kopi ini juga mudah didapat. Teridi dari kopi bubuk Vietnam, jenis Robusta, air panas, susu kental manis dan kuning telur ayam. Karena susu kental manis sudah manis, bisa ditambahkan gula jika suka manis.

Baca Juga : Ini Cara Menyeduh Kopi Saring Vietnam yang Enak

Sluurp! Nikmatnya Kopi Telur Khas Vietnam yang Creamy Manis IniFoto: Thinkstock

Pertama, dibuat air kopi dengan memakai penyeduh khusus, phin cà phê. Berbentuk bundar seperti cangkir dari bahan stainless steel dengan saringan. Cukup taruh kopi bubuk di dalam saringan, tuangi air mendidih dan tampung air kopi yang menetes di dalam gelas atau cangkir.

Selanjutnya, kocok kuning telur dan susu kental manis dan gula, hingga kental berbuih dan creamy. Perlahan tuangkan ke atas air kopi panas dan sajikan. Prosedur pembuatan tak jauh berbeda dengan cappuccino hanya saja tak memakai kuning telur.

Bagaimana cara minumnya? Agar mendapatkan sensasinya, hirup kopi perlahan tanpa mengaduk sehingga Anda bisa merasakan pahit kopi diiringi creamy manis busa telurnya. Konon inilah kenikmati kopi telur Vietnam.

Sluurp! Nikmatnya Kopi Telur Khas Vietnam yang Creamy Manis IniFoto: Istimewa

Agar tetap hangat hingga tetes terakhir, kopi telur Vietnam disajikan dalam gelas pendek. Kemudian gelas ditaruh dalam mangkuk berisi air panas. Bahkan ada kafe di Saigon yang memberikan sensasi gurih enak yang lebih. Mereka memberi campuran mentega dan keju dalam kuning telur yang dikocok. Sluurp! Pastinya lebih gurih creamy!

Baca Juga : Creamy Manis Racikan Kopi Plus Susu dan Keju dari Vietnam (odi/odi)
Load Komentar ...