7 Aturan Aneh untuk Barista Starbucks, dari Warna Rambut hingga Pakaian

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 22 Jan 2021 11:30 WIB
7 Aturan Aneh untuk Barista Starbucks, dari Warna Rambut hingga Pakaian Foto: Getty Images/Ronald Martinez
Jakarta -

Barista Starbucks dikenal ramah dan berpenampilan menarik. Saat bekerja, mereka harus mengikuti 7 aturan aneh ini.

Seperti halnya perusahaan makanan dan minuman lain, Starbucks juga punya aturan tersendiri yang harus diikuti pegawainya termasuk para barista. Hal ini demi menjamin kenyamanan pengunjung saat mengunjungi Starbucks.

Bisa dibilang penerapan aturan ini sifatnya global. Starbucks ingin memastikan pengalaman pengunjung saat menyambangi Starbucks di sebuah negara, sama seperti ketika mereka mampir ke gerai Starbucks di negara lain.

Selain aturan yang sifatnya umum, ada juga beberapa aturan detail yang dianggap aneh oleh banyak orang. Barista Starbucks perlu mengikuti aturan soal berpakaian dan bersikap pada pelanggan.

Misalnya mereka tidak boleh mengenakan warna rambut atau pakaian yang menonjol. Mereka juga diminta tidak mengusir pengunjung atau berkata tidak pada komplain mereka.

Dirangkum dari Mashed (21/1), inilah 7 aturan aneh untuk barista Starbucks yang berlaku di negara Barat:

1. Konsisten dengan warna rambut

7 Aturan Aneh untuk Barista Starbucks, dari Warna Rambut hingga Pakaian7 Aturan Aneh untuk Barista Starbucks, dari Warna Rambut hingga Pakaian Foto: Getty Images/Ronald Martinez

Barista Starbucks diperbolehkan memiliki rambut berwarna-warni, namun Starbucks meminta mereka tidak mengubah-ubah warna rambut tersebut.

Dengan kata lain, Starbucks tidak memperbolehkan barista mengenakan cat rambut sementara atau aksesoris rambut lain yang sifatnya sementara. Misalnya saja glitter rambut, hair spray berwarna, dan lainnya.

Aturan untuk mereka adalah menggunakan pewarna rambut permanen atau semi-permanen. Hal ini ternyata ada kaitannya dengan keamanan makanan.

Starbucks tentu tak mau pesanan minuman atau makanan pelanggan nantinya akan terkena glitter rambut atau pewarna rambut yang bisa saja luntur.

2. Tidak mengenakan baju dengan motif dan warna menonjol

7 Aturan Aneh untuk Barista Starbucks, dari Warna Rambut hingga Pakaian7 Aturan Aneh untuk Barista Starbucks, dari Warna Rambut hingga Pakaian Foto: Getty Images/Ronald Martinez

Barista Starbucks juga diminta menjaga penampilan mereka secara keseluruhan tidak menonjol. Dalam urusan warna, misalnya, mereka diminta mengenakan pakaian yang warnanya lembut.

Pilihannya ada hitam, putih, abu-abu, biru navy, atau cokelat. Mereka juga mengatur motif pakaian barista supaya tidak memakai pakaian dengan logo, motif, atau bordiran yang terlalu mencuri perhatian.

Untuk motif garis-garis kecil, kotak-kotak, dan pola rapat lainnya pada baju, masih diperbolehkan.

Baca Juga: Labrak Pacarnya di Starbucks, Wanita Ini Pura-pura Jadi Barista

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
eLIFE
×
Dietku Bukan Dietmu
Dietku Bukan Dietmu Selengkapnya