Joe Biden dan Diplomasi Mie hingga Pizza Dirinya Saat ke Luar Negeri

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 20 Jan 2021 11:30 WIB
Joe Biden, Capres AS yang Doyan Banget Es Krim dan Pasta Foto: Mashed/Getty Images
Jakarta -

Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih, Joe Biden dilantik hari ini (20/1). Politisi senior ini pernah melawat ke berbagai negara untuk berdiplomasi sambil cicip makanan enak.

Pelantikan Joe Biden pada Rabu, 20 Januari 2021 menandai awal masa jabatannya sebagai presiden AS. Acara ini berlangsung di Washington DC, tepatnya di Gedung Capitol.

Karena berlangsung di tengah ancaman kekerasan dari grup pendukung Presiden Donald Trump dan pandemi Covid-19, pelantikan Joe Biden dilapisi pengamanan ketat.

Baca Juga: Jelang Pelantikan Joe Biden, Warga Washington DC Terkurung di Rumah

Melihat sosok Joe Biden, politisi senior AS ini sudah berpengalaman sebagai wakil presiden AS selama masa pemerintahan Presiden Barack Obama.

Dalam 8 tahun masa jabatannya itu, Joe Biden telah mengunjungi lebih dari 50 negara. Ia melakukan diplomasi dengan banyak pemimpin negara.

Sambil membicarakan hal-hal kenegaraan yang sifatnya serius, Joe Biden juga melakukan diplomasi itu sambil mencicipi makanan lokal negara yang tengah dikunjunginya.

Momen-momennya menyantap makanan itu begitu menyita perhatian. Caixing Global (20/1) merangkum informasi soal diplomasi kuliner Joe Biden di luar negeri seperti berikut:

1. Beijing: Diplomasi Mie

Joe Biden dan Diplomasi Mie hingga Pizza Dirinya Saat ke Luar NegeriJoe Biden dan Diplomasi Mie hingga Pizza Dirinya Saat ke Luar Negeri Foto: Caixin Global/Istimewa

Tahun 2011, Joe Biden mengunjungi Beijing, China. Ia sempatkan mampir ke restoran sederhana bernama Yao. Menu andalan restoran itu adalah olahan hati dan jeroan hewan, tapi Biden tak berani mencicipinya.

Ia akhirnya memesan zhajiangmian, mie dengan saus kedelai fermentasi dan makanan khas Beijing lainnya seperti roti kukus, salad mentimun, dan kentang parut.

Media lokal China saat itu menyebut momen Biden ini sebagai "diplomasi mie". Lalu pada tahun 2013, Biden kembali ke Beijing.

Pada kunjungannya yang kedua ini ia ditemani cucunya, Finnegan. Mereka menyambangi tea house untuk merasakan upacara minum teh China tradisional.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com