Ini Restoran Vegan Pertama di Prancis Penerima Bintang Michelin

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 20 Jan 2021 16:30 WIB
Ini Restoran Vegan Pertama di Prancis Penerima Bintang Michelin Foto: Instagram Origine Non Animale
Jakarta -

Sebuah restoran vegan di Prancis untuk pertama kalinya menerima bintang Michelin Star. Ternyata, restoran ini didirikan dari hasil gotong-royong.

Penghargaan Michelin merupakan penghargaan yang diberikan kepada sebuah restoran berdasarkan kualitas yang mereka miliki. Mendapatkan penghargaan bintang Michelin menjadi kehormatan bagi sebuah restoran.

Penghargaan bintang Michelin yang didapatkan oleh sebuah restoran, membuktikan secara resmi bahwa restoran tersebut memiliki kualitas tinggi dan tidak perlu diragukan lagi. Terutama di benua Eropa, semua restoran berlomba-lomba untuk mendapatkan penghargaan ini.

Baru-baru ini, kabar bahagia datang dari Prancis. Dilansir dari The Guardian (19/1), sebuah restoran vegan baru saja menerima penghargaan bintang Michelin.

Ini Restoran Vegan Pertama di Prancis Penerima Bintang MichelinIni Restoran Vegan Pertama di Prancis Penerima Bintang Michelin Foto: Instagram Origine Non Animale

Baca Juga: Chef Terbaik di Dunia, Siapa yang Punya Bintang Michelin Terbanyak?

Origine Non Animale atau biasa dikenal dengan ONA, menjadi restoran vegan pertama di Prancis yang menerima penghargaan bintang Michelin. Restoran ini merupakan restoran vegan yang menyajikan semua produknya tanpa menggunakan bahan-bahan hewani sedikit pun.

"Rasanya seperti saya tertabrak kereta api (mengejutkan)," kata Claire Vallee, sang pemilik restoran.

ONA menerima 2 penghargaan sekaligus. Salah satunya Green Stars yang secara khusus diberikan pada restoran-restoran yang memiliki komitmen kuat untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Vallee, menyajikan 7 hidangan pada menunya sebelum ONA ditutup akibat pembatasan saat masa pandemi Covid-19. Menu yang paling digemari oleh pelanggannya berupa kombinasi pinus, jamur boletus dan sake, seledri, tonka dan amber ale.

Ini Restoran Vegan Pertama di Prancis Penerima Bintang MichelinIni Restoran Vegan Pertama di Prancis Penerima Bintang Michelin Foto: Instagram Origine Non Animale

Uniknya, restoran vegan pertama yang menerima penghargaan Michelin ini dibangun pertama kali dengan dana yang dihasilkan dari sumbangan para pendukungnya. Claire Vallee sebagai pemilik restoran ini sangat tidak menyangka bahwa kerja kerasnya akan sampai pada titik ini.

Vallee seringkali bertanya-tanya apakah timnya akan cukup baik untuk menyajikan hidangan vegan yang cukup sulit dan menuntut harus selalu inovatif. Hingga akhirnya restoran yang ia luncurkan sejak 2016 silam, menjawab kemampuan mereka melalui penghargaan Michelin Stars yang baru saja mereka dapatkan.

Origine Non Animale bahkan menjadi pelopor restoran vegan di Prancis. Vallee mengatakan bahwa ia hanya mengikuti mendiang Jean-Christian Jury yang meluncurkan restoran Mano Verde di Berlin, Jerman.

Baca Juga: Restoran Michelin Star Ini Tolak Kembalikan Uang Rp 11 Juta Milik Pengunjung

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com