Ini Tips Simpan Kerupuk Melempem Agar Bisa Garing Lagi

Devi Setya - detikFood Selasa, 19 Jan 2021 11:00 WIB
Oriental prawns crackers and sweet chilli sauce. Foto: iStock
Jakarta -

Kerupuk melempem biasanya dibuang begitu saja, tapi tidak dengan para penjual kerupuk. Ada trik rahasia yang bisa bikin kerupuk melempem bisa garing lagi.

Pria bernama Andy Fajar Handika yang juga pengusaha aplikasi catering online membeberkan rahasia cara membuat kerupuk melempem agar bisa kembali renyah. Lewat twitternya @talkinandy, ia membagikan rahasia soal kerupuk ini.

"Tahukah Anda kalau kerupuk melempem dari warung-warung yang diambil lagi oleh abang supplier kerupuk itu ngga digoreng ulang- tapi cuman dimasukin ke wadah gede bareng kerupuk-kerupuk yang masih renyah; dan yang melempem itu bakal ikutan renyah lagi?," kata Andy pada cuitannya tanggal 12 Januari 2021 ini.

Ini Tips Simpan Kerupuk Melempem Agar Bisa Garing LagiIni Tips Simpan Kerupuk Melempem Agar Bisa Garing Lagi Foto: twitter @talkinandy

Pernyataan Andy ini kemudian mengundang banyak pertanyaan dari netizen yang ragu dan tidak percaya. Founder dari Kulina ini akhirnya membeberkan cara kerja dari wadah kerupuk yang bisa membuat kerupuk melempem bisa kembali renyah tanpa digoreng ulang.

"Terjadi difusi (perpindahan molekul air) ketika kerupuk berkonsentrasi air tinggi (melempem) berada di antara kerupuk-kerupuk konsentrasi air rendah (renyah) sampai titik equilibrilium. Selama jumlah kerupuk renyah lebih banyak, yang melempem bakal renyah lagi," jelas Andy.

Jadi intinya, kerupuk yang renyah akan menarik kelembaban dari kerupuk yang melempem sehingga kandungan air pada kerupuk melempem ikut berkurang. Dengan cara ini, kerupuk jadi kembali kering dan teksturnya kembali renyah.

Ternyata banyak netizen yang tidak percaya namun tak sedikit juga yang sepakat dengan Andy karena melihat sendiri aksi tukang kerupuk yang mencampur kerupuk melempem ke dalam kaleng kerupuk renyah.

"Yooi. Makanya tukang krupuk (biasanya) mau nuker krupuk kita yg masih ada (soal jumlah masing2 ya). Sama dia dicemplungin lagi ke kotak gede bawaannya itu, tar renyah lagi deh," beber netizen.

Berbagai tips pun dilontarkan para netizen yang punya cara masing-masing untuk membuat kerupuknya renyah kembali. Ada yang menggoreng ulang kerupuk atau menyimpan dalam freezer.

Ini Tips Simpan Kerupuk Melempem Agar Bisa Garing LagiIni Tips Simpan Kerupuk Melempem Agar Bisa Garing Lagi Foto: twitter @talkinandy

"Aku menerka-nerka dulu kira-kira bakal diapain diambil lagi tuh. Ku kira diancurin atau dimasak lagi ternyata begini," kata netizen.

"Aku malah taunya kalo kerupuk renyah dijadiin satu kaleng sama kerupuk melempem, si kerupuk renyah jadi ketularan melempem. Ternyata malah kebalikannya ya," sahut netizen.

"Ya allah gusti aku baru tau," celoteh netizen.

"Iya, ini tips nenek saya kalo kerupuk melempem beliau goreng yang baru & dicampur di toples sm kerupuk lama," pungkas netizen yang ternyata tahu trik ini dari sang nenek.



Simak Video "Renyah dan Nikmat Kerupuk Jangek Khas Minang"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com