Bikin Laper! Nasi Ulam hingga Surabi Pandan Endol dari UMKM

Devi Setya - detikFood Selasa, 19 Jan 2021 08:30 WIB
Bikin Laper! Nasi Ulam hingga Surabi Pandan Endol dari UMKM Foto: bikin laper Trans TV
Jakarta -

Bukan menyambangi rumah makan atau restoran, kali ini host Bikin Laper memanjakan lidah dengan makanan dari UMKM. Ada nasi ulam komplet hingga surabi pandan yang endol!

Anwar BAB dan Ivan Lie kali ini mencoba berbagai makanan produk UMKM. Episode Bikin Laper kali ini memang sengaja diperuntukkan untuk membantu para pengusaha UMKM di bidang kuliner agar tetap produktif selama masa pandemi.

Meskipun belum ada toko offline, tapi makanan dari para UMKM ini tak boleh diragukan. Soal rasa dan variannya tak kalah nikmat dengan bisnis-bisnis kuliner yang sudah ternama.

Menu pertama yang dicoba adalah nasi ulam komplet dari @nasi.oelamkoken. Nasi ulam ini adalah hidangan khas Betawi yang sekilas mirip nasi uduk. Nasi putih hangat bisa dicampur berbagai lauk mulai dari dendeng sapi, telur dadar hingga bihun goreng.

Ciri khasnya ada pada tambahan daun kemangi dan serundeng kelapa. Anwar dan Ivan Lie ketagihan rasa nasi ulam ini sejak mereka menyantap dinsuapan pertama.

"Nasi ulam ini khas betawi, mirip nasi uduk. Kita cobain yaa. Wah endol surendol ini, makannya pake sambel kacang dan semur betawi ini," kata Anwar.

Bikin Laper! Nasi Ulam hingga Surabi Pandan Endol dari UMKMBikin Laper! Nasi Ulam hingga Surabi Pandan Endol dari UMKM Foto: bikin laper Trans TV

Puas makan nasi ulam, mereka lalu mencoba pepes ayam dari @pedeus2an. Pepes ukuran besar ini berisi sepotong ayam berlumur bumbu kuning lengkap dengan sereh dan daun kemangi.

"Harum banget aromanya ya, daging ayamnya super lembut. Enak banget dimakan pake nasi, yuk makan," kata Ivan Lie.

Dan terakhir ada aneka kudapan tradisional dari @coryna_cakes. Kue-kue ini pas dimakan sebagai pencuci mulut.

Anwar dan Ivan mencoba surabi pandan dengan saus kinca gula merah. Terlihat surabi yang dilapisi daun pisang ini terlihat empuk dan lembut. Apalagi ditambah guyuran saus gula merah bercampur santan yang bikin rasanya makin menggoda.

Selain surabi, ada juga kue talam ebi yang bikin susah move on. Lembutnya adonan kue talam diberi topping ebi gurih yang bikin rasanya klop. Ada juga onde-onde, pastel dan kue lapis yang tak kalah enak.

Mau lihat lebih banyak aksi seru makan para penjelajah kuliner di Bikin Laper ini? Jangan lupa saksikan program Bikin Laper yang tayang setiap hari pukul 17.00 WIB hanya di Trans TV.



Simak Video "Bikin Laper: Kenikmatan Nasi Ulam Glodok yang Viral di TikTok"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
eLIFE
×
Dietku Bukan Dietmu
Dietku Bukan Dietmu Selengkapnya