Duh! Kue Manju Jepang Ini Bentuknya Mirip Alat Kelamin

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 18 Jan 2021 15:30 WIB
Duh! Kue Manju Jepang Ini Bentuknya Mirip Alat Kelamin Foto: Mashable
Jakarta -

Kue Jepang bernama manju biasanya berbentuk bulat dengan isian pasta kacang merah, tapi manju yang satu ini berbeda. Bentuknya mirip alat kelamin!

Manju adalah kue tradisional Jepang yang punya banyak variasi. Umumnya berbentuk bulat dan bertekstur kenyal karena dibuat dari tepung terigu, tepung beras, dan buckwheat.

Seperti halnya bakpao, manju dikukus dan diberi isian. Varian terpopulernya adalah manju isi pasta kacang adzuki dan gula. Ada juga yang diisi selai chestnut.

Manju bisa jadi pilihan hadiah untuk pasangan pengantin baru. Apalagi manju unik buatan Kimura Seika yang ada di prefektur Ibaraki ini.

Duh! Kue Manju Jepang Ini Bentuknya Mirip Alat KelaminDuh! Kue Manju Jepang Ini Bentuknya Mirip Alat Kelamin Foto: Mashable

Dikutip dari Sora News 24 (15/1), produsen camilan manis kecil ini memproduksi Inyo Manju yang secara harfiah berarti Manju Yin dan Yang.

Bentuknya bukan bulat seperti biasa melainkan persis alat kelamin pria dan wanita! Hanya saja produsen berdalih memiliki konsep berbeda.

Mereka menyebut manju yang mirip alat kelamin pria sebenarnya menyerupai jamur matsutake. Lalu manju yang mirip alat kelamin wanita menyerupai buah chocolate vine.

Bukan sembarangan, desain manju yang mirip alat kelamin ini ternyata dipengaruhi sejarah masa lampau.

Konon inyo manju dibuat untuk memberi penghormatan pada Kuil Inyo yang dibangun sebagai situs suci untuk memuja dewa pernikahan.

Diketahui pada abad ke-17, seorang tuan feodal melewati daerah dekat Kuil Inyo itu dan menemukan bebatuan yang mirip alat kelamin pria dan wanita.

Duh! Kue Manju Jepang Ini Bentuknya Mirip Alat KelaminDuh! Kue Manju Jepang Ini Bentuknya Mirip Alat Kelamin Foto: Mashable

Konon bebatuan "Inyo" itu ikut hancur saat gempa bumi besar yang melanda Jepang di tahun 2011. Namun Kuil Inyo tetap menjadi tempat suci untuk para pasangan.

Baca Juga: Mirip Situs Porno dan Alat Kelamin, Nama 5 Restoran Ini Bikin Salah Fokus

Di area pegunungan dekat kuil juga didapati banyak jamur matsutake dan tanaman chocolate vine yang tumbuh. Hal inilah yang kemudian menginspirasi hadirnya inyo manju.

Manju bentuk alat kelamin ini hanya tersedia di area dekat Kuil Inyo saja. Karenanya bisa dibilang kue Jepang ini tergolong langka.

Setiap orang yang memamerkan foto inyo manju di media sosial pun dapat banyak sorotan. Pasalnya banyak orang yang belum tahu mengenai keunikan kue mirip alat kelamin ini.

Seperti yang baru saja terjadi dimana netizen Twitter @yosizo mengunggah foto inyo manju. Unggahannya mendapat beragam komentar.

Duh! Kue Manju Jepang Ini Bentuknya Mirip Alat KelaminDuh! Kue Manju Jepang Ini Bentuknya Mirip Alat Kelamin Foto: Mashable

"Wow, saya tinggal di Ibaraki dan belum pernah melihat ini!," kata seorang netizen. Lalu ada juga yang bilang, "Ini bakalan seru saat dimakan bareng pasangan."

Lalu bagaimana rasa inyo manju? Konon katanya terasa enak dengan isian pasta kacang merah. Lalu ada juga potongan kacang walnut di dalamnya.

Inyo manju dijual dalam kotak berisi 12 buah. Harganya 1.000 yen atau sekitar Rp 135 ribu. Inyo manju buatan Kimura Seika menjadi pilihan oleh-oleh populer dari Ibaraki.

Baca Juga: Gorengan Hingga Kerang, 5 Makanan Unik Berbentuk Alat Kelamin Pria

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com