Rahasia Masak Nasi Mandhi Lezat dari Syekh Ali Jaber

Devi Setya - detikFood Minggu, 17 Jan 2021 12:30 WIB
Rahasia Masak Nasi Mandhi Lezat dari Syekh Ali Jaber Foto: youtube Syekh Ali Jaber/ RANS Entertainment
Jakarta -

Mendiang Syekh Ali Jaber dikenal sebagai ulama yang jago masak. Ia bahkan kerap berbagi tips dan rahasia masak nasi mandhi yang lezat serta harum.

Terbiasa masak sejak masih duduk di bangku SMU menjadikan Syekh Ali Jaber hafal betul teknik mengolah masakan. Ulama yang menghembuskan nafas terakhir pada 14 Januari 2021 ini bahkan beberapa kali menunjukkan cara mengolah nasi mandhi. Ia tak sungkan berbagi tips.

Nasi mandhi atau mandhi laham merupakan salah satu hidangan andalan Syekh Ali Jaber. Lewat channel youtubenya, Syekh Ali Jaber pernah menunjukkan cara membuat nasi mandhi secara detail.

Rahasia Masak Nasi Mandhi Lezat dari Syekh Ali JaberRahasia Masak Nasi Mandhi Lezat dari Syekh Ali Jaber Foto: youtube Syekh Ali Jaber/ RANS Entertainment

Untuk membuat nasi mandhi, ada beberapa bahan yang harus disiapkan yakni daging kambing, garam, aneka rempah kering, beras, bawang bombay, bawang putih, cabe dan pewarna makanan khusus untuk memberi warna kuning.

Langkah pertama yang harus dilakukan yakni mencampur pewarna makanan dengan garam kasar lalu mengoleskannya pada daging kambing. Setelah daging berubah warna menjadi kekuningan lalu disusun pada rak panggang khusus.
Saat membuat nasi mandhi di rumah Raffi Ahmad, Nagita menanyakan soal aroma daging kambing yang bau tajam. Syekh Ali Jaber memberikan tips mengurangi aroma daging kambing. Cukup digosok-gosok dengan garam seluruh bagian daging kambing lalu dibilas.

Daging kambing ini selanjutnya dimasukkan ke dalam alat panggang khusus berupa rak. Dipanggang selama 2 jam dengan panas 180-200 derajat celsius. Sambil menunggu daging kambing matang, Syekh Ali Jaber kemudian mengolah nasinya.

Rahasia Masak Nasi Mandhi Lezat dari Syekh Ali JaberRahasia Masak Nasi Mandhi Lezat dari Syekh Ali Jaber Foto: youtube Syekh Ali Jaber/ RANS Entertainment

Untuk nasi mandhi, pria asli Madinah ini selalu memakai beras basmati yang sering disebut beras Arab meskipun asalnya dari Pakistan dan India. Sebagai bumbu bawang bombay dan bawang putih ditumis. Kemudian ditambahkan aneka rempah seperti jinten, cengkeh, kayu manis dan aneka rempah lain. Setelah harum, tumisan ini lantas diguyur air panas dan diberi garam.

Kemudian beras berbulir panjang itu dan dimasak perlahan hingga matang dalam keadaan panci tertutup. Nasi mandhi ini sebenarnya bisa dimasak bersamaan dengan daging kambing agar aroma dan rasanya lebih lezat. Namun karena potongan daging kambingnya terlalu banyak jadi Syekh Ali Jaber memasaknya terpisah.


Setelah daging dan nasi matang, dua hidangan ini kemudian disajikan dalam wadah logam besar yang biasa digunakan di restoran Timur Tengah.

Tak hanya membuatnya di rumah sendiri, Syekh Ali Jaber juga pernah diundang oleh Raffi Ahmad untuk membuat nasi mandhi sebagai santapan sahur. Tak tanggung-tanggung, Raffi Ahmad bahkan menyiapkan tanah galian khusus untuk memanggang daging kambing.

Didampingi Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, ulama ini meracik nasi mandhi dengan cekatan. Saking enaknya, ibu dari Rafathar ini bahkan berniat belajar membuat nasi mandhi.

Rahasia Masak Nasi Mandhi Lezat dari Syekh Ali JaberRahasia Masak Nasi Mandhi Lezat dari Syekh Ali Jaber Foto: youtube Syekh Ali Jaber/ RANS Entertainment

Nagita yang tak suka kambing pun mengakui kalau nasi mandhi dan kambing buatan Syekh Ali Jaber ini enak. Video yang sudah ditonton lebih dari 2,4 juta kali ini pun mendapat banyak komentar netizen.

"MasyaAllah, udah tampan, penghafal Al-Quran dan jago masak. Apa yang kurang dari Syekh?" kata netizen.

"Betapa bahagianya keluarga besar RANS yang pernah dimasakin langsung Syekh Ali Jaber, buat kenangan seumur hidup ini. MasyaAllah," sahut netizen lain.



Simak Video "Bikin Laper: Jajal Lamb Mandi Khas Timur Tengah di BSD City"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com