Wine dan Buah Anggur Mendarat Kembali di Bumi Setelah Setahun di Luar Angkasa

Devi Setya - detikFood Jumat, 15 Jan 2021 18:00 WIB
Wine dan Buah Anggur Mendarat Kembali di Bumi Setelah Setahun di Luar Angkasa Foto: fox news
Jakarta -

Total ada 12 botol wine dan ratusan butir buah anggur yang kembali mendarat di bumi setelah menjelajah luar angkasa. Wine dan buah anggur ini siap dicicipi oleh para ahli.

Dikabarkan Fox News (15/1) ada 12 botol wine French Bordeaux yang diluncurkan ke luar angkasa pada 2019 lalu. Kemudian wine ini kembali didatangkan ke bumi setelah berada di luar angkasa selama kurang lebih satu tahun.

Pada Selasa (12/1), SpaceX Cargo Dragon dilepaskan dari Stasiun Luar Angkasa Internasional. Muatan berbagai barang dari luar angkasa ini bersiap untuk mendarat di lepas pantai Florida pada Rabu malam.

Bagaimana para astronaut membersihkan stasiun luar angkasa dari virus dan bakteriWine dan Buah Anggur Mendarat Kembali di Bumi Setelah Setahun di Luar Angkasa Foto: BBC Karangan Khas

Kapal luar angkasa ini membawa ribuan kilogram peralatan penelitian ruang angkasa. Ada yang unik di dalam kapal ini karena di dalamnya juga memuat 12 botol wine Bordeaux Prancis serta ratusan butir buag anggur yang sudah mengorbit di luar angkasa selama setahun.

Wine dan buah anggur ini sengaja dikirim oleh perusahaan Space Cargo Unlimited yang berbasis di Luksemburg. Setiap botol wine dikemas dengan hati-hati di dalam silinder baja untuk mencegah kerusakan. Kemasan khusus ini juga digunakan untuk memastikan botol wine tetap tertutup selama setahun meskipun mendapat tekanan kuat.

Botol-botol wine ini sebelumnya diluncurkan ke luar angkasa dan dibawa ke Stasiun Luar Angkasa Internasional pada November 2019. Wine ini menumpang kapal Northrop Grumman. Selain wine, ada juga 320 butir anggur Merlot dan Cabernet Sauvignon yang mendarat di pesawat ruang angkasa kargo SpaceX pada Maret 2020.

Meskipun sudah mendarat sempurna, wine dan buah anggur ini belum bisa dibuka dan dicicipi. Space Cargo Unlimited akan menyelenggarakan acara mencicip anggur pada Februari 2021 mendatang. Kegiatan icip-icip anggur dari luar angkasa ini akan melibatkan beberapa ahli wine terkemuka di Prancis.


Setelah wine dicicip para ahli, nantinya peneliti akan melakukan pengujian kimia untuk melihat perubahan komposisi pada wine ini.

CEO Space Cargo Unlimited, Nicolas Gaume mengatakan kepada The Associated Press bahwa ilmu pertanian adalah poin utama dari eksperimen yang dilakukan ini.

"Sasaran kami adalah mengatasi solusi tentang bagaimana kita akan memiliki pertanian organik dan sehat di masa depan, serta mampu memenuhi kebutuhan makanan umat manusia, dan kami pikir ruang angkasa memiliki kuncinya," kata Gaume.

Apakah Biji Anggur Aman DimakanWine dan Buah Anggur Mendarat Kembali di Bumi Setelah Setahun di Luar Angkasa Foto: iStock

Lebih lanjut, Gaume mengatakan perubahan iklim di bumi secara tidak langsung memaksa produk pertanian, termasuk anggur, harus beradaptasi dengan kondisi alam yang lebih keras. Melalui serangkaian eksperimen luar angkasa ini, Space Cargo Unlimited berharap bisa menemukan bibit tanaman yang lebih kuat dan tangguh ditanam di Bumi.

SpaceX adalah satu-satunya pengirim yang mampu mengembalikan eksperimen stasiun luar angkasa dan berbagai barang lainnya secara utuh. Sementara kargo lainnya tak jarang membuat barang eksperimen hancur atau terbakar saat memasuki atmosfer bumi.

Banyak yang penasaran dengan rasa wine dan buah anggur hasil eksperimen ini. Kita tunggu hasil penilaian rasanya di bulan Februari mendatang.



Simak Video "Perpaduan Unik Keju Yogyakarta dengan Wine Australia dan Selandia Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com