Bubur Ayam Mantul

Cara Bikin Bubur Ayam Enak dan Gurih dari Penjual Bubur Kaki Lima

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 16 Jan 2021 08:00 WIB
bubur ayam Foto: istimewa
FOKUS BERITA Bubur Ayam Mantul
Jakarta -

Cara bikin bubur ayam sebenarnya mudah, tapi ada trik supaya hasilkan bubur enak, gurih, dan kekentalannya pas. Begini caranya ala penjual bubur kaki lima.

Kunci kelezatan bubur ayam ada pada tekstur buburnya yang pas. Paling enak tidak terlalu kental ataupun lembek.

Bubur ayam seperti itu biasanya mudah ditemui di penjual bubur kaki lima. Racikan bubur nasi mereka selalu terasa nikmat.

Ternyata rahasianya ada pada cara bikin bubur ayam yang tepat. Kepada detikfood (13/1), Bapak Yanto yang merupakan penjual bubur ayam Argo Jati di kawasan Bendungan Hilir mengungkapnya.

Berjualan bubur sejak tahun 1992, Bapak Yanto sudah menemukan resep yang pas. Pertama menurutnya adalah harus menggunakan beras berkualitas.

Beras Jepang Ini Rasanya Manis Alami Seperti GulaCara Bikin Bubur Ayam Enak dan Gurih dari Penjual Bubur Kaki Lima Foto: Getty Images/iStockphoto/Rawpixel

"Berasnya harus yang bagus," ujarnya. Kemudian gunakan campuran beras pera dan beras pulen.

Bapak Yanto bilang, "Kalau beras pulen semua, kurang bagus karena nanti jadinya lengket. Kalau beras pera semua, jelek juga."

Komposisi yang tepat adalah 50:50. Bapak Yanto, misalnya, menggunakan 8 liter beras untuk berjualan bubur setiap hari.

Empat liter berasnya merupakan beras pulen dan empat liter sisanya adalah beras pera. "Untuk beras 8 liter, airnya 10 liter," ujarnya.

Saat memasak, bubur diaduk sesekali supaya tak berkerak. Api untuk memasaknya juga tidak terlalu besar supaya bubur tidak gosong.

Bubur Ayam Argo Jati Ludes 200 Mangkuk dalam 4 Jam, Omzetnya Rp 3 Juta!Cara Bikin Bubur Ayam Enak dan Gurih dari Penjual Bubur Kaki Lima Foto: detikfood

Hasilnya, bubur ayam buatan Bapak Yanto memiliki kekentalan yang pas. Tidak terlalu pekat, maupun lembek teksturnya.

Kemudian untuk bumbunya, ia hanya menggunakan bumbu minimalis berupa kecap asin dan lada bubuk.

Baca Juga: Bubur Ayam Argo Jati Ludes 200 Mangkuk dalam 4 Jam, Omzetnya Rp 3 Juta!

Selain membuat bubur dari beras, kamu juga bisa mempraktikkan cara bikin bubur ayam dari nasi. Biasanya ini dilakukan untuk memanfaatkan nasi sisa.

Setiap 100 gram atau 150 gram nasi bisa dimasak dengan 500 ml air. Pertama, didihkan dulu air dalam panci anti lengket, kemudian masukkan nasi.

bubur ayam sederhanaCara Bikin Bubur Ayam Enak dan Gurih dari Penjual Bubur Kaki Lima Foto: iStock

Masak dengan api sedang sampai mendidih. Supaya aroma dan rasanya lebih enak, kamu juga bisa menambahkan daun salam, serai, dan kaldu ayam atau kaldu jamur.

Siapkan juga topping dan pelengkap bubur ayam. Mulai dari suwiran ayam, kacang kedelai goreng, irisan daun bawang, kerupuk kanji, dan sambal rawit.

Semangkuk bubur ayam pun siap disajikan. Makan selagi hangat supaya rasanya makin nikmat.

Baca Juga: 2 Cara Masak Bubur Ayam yang Kental Gurih

(adr/odi)
FOKUS BERITA Bubur Ayam Mantul

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com