Bubur Ayam Mantul

Bubur Manado, Bubur Sayuran Segar yang Kaya Nutrisi

Devi Setya - detikFood Jumat, 15 Jan 2021 13:00 WIB
tinutuan, bubur manado untuk sarapan Foto: Instagram @dapurkeke12
FOKUS BERITA Bubur Ayam Mantul

2. Ciri khas bubur Manado


Berbeda dengan bubur ayam yang dikenal masyarakat Indonesia, bubur Manado justru populer dengan sebutan bubur sehat. Seporsi bubur Manado diolah dengan campuran berbagai bahan sekaligus.

Bahan utama untuk membuat bubur Manado antara lain beras, labu kuning, singkong, bayam, kangkung, jagung, daun gedi dan daun kemangi. Sebagai salah satu campuran bubur Manado, daun gedi merupakan daun unik yang banyak ditemui di Sulawesi Utara.

Semua bahan ini dimasak bersama hingga matang, disajikan hangat dengan pelengkap ikan asin dan sambal. Bubur Manado biasanya punya porsi besar dan cukup untuk mengisi perut sebelum memulai aktivitas.

3. Penyajian bubur Manado

bubur manadobubur manado Foto: detikfood

Karena sudah berisi berbagai isian komplet, bubur Manado bisa langsung dinikmati. Tapi belakangan ini bubur Manado disajikan dengan berbagai lauk tambahan yang juga makanan khas Manado. Tujuannya tentu saja membuat rasanya makin sedap.

Bubur Manado kerap dinikmati dengan tambahan sambal roa, sambal cakalang, dabu-dabu roa dan perkedel jagung. Tak sedikit juga yang menikmati bubur Manado dengan ikan asin atau perkedel nike. Nike sendiri adalah sebutan untuk ikan teri di Manado.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Resep Bubur Manado Sambal Roa"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Bubur Ayam Mantul
FOKUS BERITA Bubur Ayam Mantul

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com