Belanja Rp 35 Ribu Dibilang Murah, Ratusan Orang Bandingkan Harga di Berbagai Kota

Devi Setya - detikFood Jumat, 15 Jan 2021 10:00 WIB
Belanja Rp 35 Ribu Dibilang Murah, Ratusan Orang Bandingkan Harga di Berbagai Kota Foto: twitter @ffoodfess
Jakarta -

Harga belanjaan seperti sayur dan bumbu memang berbeda di tiap daerah. Di Jakarta belanja Rp 35 ribu disebut murah, tapi di kota lain justru dianggap mahal.

Seorang pengguna media sosial membagikan pengalaman belanja untuk masak hariannya. Netizen yang diketahui tinggal di Jakarta ini juga menunjukkan foto belanjaan yang baru dibelinya. "Enaknya tinggal di Jakarta, segini cuma Rp 35 ribu," kata netizen ini yang kemudian curhatannya diunggah lewat twitter @ffoodfess.

Dalam foto terlihat aneka belanjaan mulai dari sayur sop, tempe, tahu, jagung, cabe rawit merah dan bumbu penyedap. Kalau dilihat dari belanjaannya, harga Rp 35 ribu terbilang cukup mahal.

Belanja Rp 35 Ribu Dibilang Murah, Ratusan Orang Bandingkan Harga di Berbagai KotaBelanja Rp 35 Ribu Dibilang Murah, Ratusan Orang Bandingkan Harga di Berbagai Kota Foto: twitter @ffoodfess

Tak ada sumber protein hewani seperti ikan, ayam atau telur pada daftar belanjaan ini. Tampaknya unggahan ini dibuat sebagai sindiran semata. Padahal aslinya, ia curhat soal harga belanjaan yang semakin mahal.

Melihat unggahan ini, puluhan netizen mulai ramai membandingkan harga belanjaan di kota masing-masing. Bahkan tak sedikit yang merinci harga bahan makanan ini dan menyebut total belanja untuk jenis belanjaan serupa.

"Hmm.. di tempatku paket sayur sop 5rb, tempe 5rb, tahu isi 5 5rb, royco 1rb, cabai 5rb jagung 1.500. total 21.500," sahut netizen.

"Ini tergantung di mana kamu belanja sama cara nawarnya. Terus kalau langganan bakal di kasih bonus," kata netizen.

"Ini sarkas ya? Di Semarang belanja segitu ga nyampe 15k sih, apalagi di rowosari yak wkwkw," ujar netizen yang tinggal di Semarang.

"Di bandung ga akan sampe 20k sih, tapi gimana tempatnya. Cuma cabe rawit emang lagi mahal banget, bisa 15 ribu segitu," beber netizen asal Bandung.

Curhat soal belanjaan mahal bukan kali ini saja terjadi. Biasanya emak-emak yang setiap hari belanja kerap curhat soal harga bahan makanan di pasar. Terlebih lagi, beberapa bahan mengalami kenaikan harga seperti cabe rawit merah, tempe serta tahu.

Kalau di tempat kamu, belanja bahan masakan seperti ini butuh uang berapa?



Simak Video "Melihat Gudang Distributor Sayur dan Buah Online di Masa Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com